PENGENALAN IDENTITAS MANUSIA MELALUI POLA IRIS MATA MENGGUNAKAN TRANSFORMASI WAVELET DAN MAHALANOBIS DISTACE

RONALD OMMY YULYANTHO

Informasi Dasar

111010169
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Setiap tubuh manusia diciptakan oleh Tuhan secara unik dengan berbagai kombinasi struktur DNA yang tak terhingga dan sama sekali berbeda. Bahkan orang kembar pun mempunyai perbedaan karakter dan perbedaan lainnya. Teknologi biometrik memanfaatkan keunikan ini untuk memastikan bahwa hanya orang yang terdaftar dalam sistem yang diperbolehkan memasuki system. Salah satu jenis dari jenis teknik biometrik adalah pemindaian selaput pelangi (iris).
Iris adalah organ internal dari mata. Selaput ini berbentuk cincin yang mengelilingi pupil dan memberikan pola warna pada mata, Tidak ada satu pun struktur iris yang sama, bahkan iris mata kiri dan kanan seseorang pun berbeda. Pola acak iris merupakan struktur yang tetap selama hidup sehingga iris dapat dijadikan paspor atau password hidup yang tidak merepotkan untuk dibawa atau diingat.
Pada tugas akhir ini di buat suatu aplikasi yang dapat mengidentifikasi seseorang melalui pola iris matanya. Pengolahan citra diawali dengan melakukkan segmentasi dan normalisasi. Digunakan metode transformasi wavelet sebagai ekstraksi ciri dan mahalanobis distance untuk pengenalan pola dari citra iris mata. Citra mata yang diproses adalah data dari Chinese Academy of Sciences –Institute of Automation(CASIA).
Kata Kunci : Iris , biometrik, wavelet, mahalanobis distance, CASIA.ABSTRACT: Each human being body created by God uniquely by various combination of Infinite structure DNA and at all differ. Even the twin people even also have difference of character and other difference. Technology biometric exploit this unique to ensure that its only one who enlisted in system which enable enter system. One of type from type of technique biometric detection of iris. Iris is internal organ from eye. This membrane is in form of ring encircling pupil and give colour pattern of eye, There no one even also the same iris structure, even iris left eye and the somebody right even also differ. Random pattern slice to represent structure which remain to during life so that Iris to earn made passport or password life which not disturb to be brought or remembered.
At this final duty in making an application which can identify somebody of through pattern iris. Image processing started with process of segmentation and normalization, hereinafter of segmentation and normalization. Used of wavelet method transformation as extract distinguish and mahalanobis distance for the pattern recognition from iris. Eye image database is from Chinese Academy Of Sciences - Institute Of Automation(CASIA).
Keyword: Iris , biometrik, wavelet, mahalanobis distance, CASIA.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PENGENALAN IDENTITAS MANUSIA MELALUI POLA IRIS MATA MENGGUNAKAN TRANSFORMASI WAVELET DAN MAHALANOBIS DISTACE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RONALD OMMY YULYANTHO
Perorangan
Achmad Rizal, M. ARY MURTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini