MENINGKATKAN KETAHANAN AUUDIO STEGANOGRAFI PADA MEDIA AUDIO DIGITAL TIDAK TERKOMPRESI DENGAN MENGUNAKAN ALGORITMA MINIMUM EROR REPLACEMENT (MER)) DAN ERROR DIFFUSION (Increasing Robustness of Steganography in Uncompressed Digital Audio by Using Minimum Er

ZAIMUNAR

Informasi Dasar

111010143
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Steganografi adalah seni menyembunyikan pesan rahasia kedalam media lain, dengan tujuan agar hanya penerima yang diinginkan yang tahu keberadaan pesan tersebut. Kebutuhan yang paling mendasar dalam metode steganografi adalah transparansi yang artinya pesan yang disisipkan tidak terdeteksi oleh indera manusia dan yang kedua adalah file cover yang memiliki data rate yang tinggi.
Metode Least Significant Bit (LSB) merupakan teknik yang paling awal dipelajari dalam steganografi audio digital. Teknik ini dipilih kerena kemudahan penggunaannya, dimana bit-bit pesan disisipkan dengan cara mengganti bit LSB cover audio tiap 16 bit per sampel. Biasanya teknik LSB tidak menggunakan pemodelan psiko-akustik untuk mengurangi noise yang timbul akibat penyisipan bit-bit pesan.
Pada tugas akhir ini akan diajukan suatu teknik LSB steganografi baru dengan menggunakan algoritma Minimum Error Replacement (MER) dan Error Diffusion. Ide dasar algoritma LSB yang diajukan ini adalah bagaimana caranya menyisipkan bit pesan dengan menghasilkan distorsi yang seminimal mungkin. Teknik ini melakukan proses dengan menggunakan tiga langkah , langkah pertama adalah menyisipkan bit pesan pada layer bit LSB yang lebih tinggi untuk menghasilkan ketahanan terhadap penambahan noise dan modifikasi sinyal yang lebih tinggi. Langkah kedua adalah mencari nilai perubahan yang paling dekat dengan nilai sampel audio asli menggunakan algoritma MER. Langkah ketiga adalah menurunkan noise yang terdengar dengan menggunakan algoritma Error Diffusion.
Dari pengujian objektif dengan mengukur Mean Absolute Error (MAE), Mean Square Error (MSE) dan Signal to Noise Ratio (SNR) serta pengujian subjektif dengan Mean Opinion Score (MOS) dan diskrimination didapatkan hasil yang lebih baik jika menggunakan teknik LSB steganografi dengan penambahan algoritma MER dan Error Diffusion dibandingkan dengan menggunakan teknik LSB steganografi standar.Kata Kunci : ABSTRACT: Steganography is an ancient art of conveying message in a secret way that only the receiver knows the existence of message. Fundamental requirement for a steganography method is imperceptibility this means that the embedded messages should not discirnible to the human sense and the second one is high data rate of cover file.
Least Significant Bit (LSB) coding is one of the earliest techniques studied in information hiding of digital audio. it is simple aproach in hiding message in audio sequence, where the embedding of message into a digital audio stream is performed by alternation of LSBs, having 16 bit per sample. It usually does not use any psycoacoustics model to perceptually weight of noise intruduced by LSB replacement.
In this final project will present a new high bit rate LSB audio steganography method using Minimum Error Replacement (MER) and Error Diffusion algorithm. The basic idea of the proposed LSB algorithm is embedding message that causes minimal embedding distortion of the host audio. The proposed tehcnique using three-step algorithm. In the first step message bits are embedding into higher LSB layer using standard method, resulting in increased robustness against noise addition or signal modification. The second step is searching for the level of audio closest to the original audio level using MER algorithm. The third step is decrease perceptual noise artifact using Error Diffusion algorithm.
From objektive test using Mean Absolute Error (MAE), Mean Square Error (MSE) and Signal to Noise Ratio (SNR) measurement and subjective test using Mean Opinion Score (MOS) and discrimination showed that the perceptual quality of stego-object is higher in the case of proposed method using MER and Error Diffusion Algorithm than in the standar LSB method.Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

MENINGKATKAN KETAHANAN AUUDIO STEGANOGRAFI PADA MEDIA AUDIO DIGITAL TIDAK TERKOMPRESI DENGAN MENGUNAKAN ALGORITMA MINIMUM EROR REPLACEMENT (MER)) DAN ERROR DIFFUSION (Increasing Robustness of Steganography in Uncompressed Digital Audio by Using Minimum Er
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAIMUNAR
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini