Desain dan Implementasi Telemetri Suhu Ruang Berbasis Mikrokontroller ATMEGA Design and Implementation Room Temperature Telemetry Based on ATMEGA Microcontroller

Rio Timbul Mangatur Malau

Informasi Dasar

111010139
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan akan data tentang kondisi lingkungan sekitar telah mendorong manusia untuk membuat alat yang bisa mengukur kondisi lingkungan. Dua diantara banyak data yang bisa diukur yang menjelaskan kondisi lingkungan adalah temperatur dan kelembaban.
Pada tugas akhir ini dirancang dan diimplementasikan sebuah alat yang bisa mengukur temperatur dan kelembaban lingkungan. Sebagai sensor pengukur temperatur dan kelembaban digunakan SHT11. SHT11 memiliki beberapa keuntungan diantaranya hanya membutuhkan dua buah sinyal untuk bekerja, keluaran hasil pengukuran telah digital, ukurannya kecil dan stabil untuk waktu yang lama.
Alat yang dibuat terdiri atas dua bagian yakni pengirim dan penerima. Arah komunikasi antara bagian pengirim dan penerima bersifat satu arah saja. Secara periodik pengukuran data kondisi lingkungan dilakukan di bagian pengirim dan dikirimkan ke bagian penerima. Bagian penerima yang dimaksud bisa komputer atau mikrokontroller yang lain yang juga dibuat dalam tugas akhir ini.
Mikrokontroller yang digunakan untuk mengontrol kerja bagian pengirim dan penerima adalah ATMEGA32. Mikrokontroller ini mampu bekerja sampai 16 MHz. Fasilitas lain mikrokontroller ini adalah ukuran flash programnya sampai 32 KiloByte dan SRAM sebesar 2 KiloByte. Fungsi utama ATMEGA32 di pengirim adalah mengontrol kerja SHT11, dan mengirimkan hasil pengukuran ke penerima. Fungsi utama ATMEGA32 di penerima adalah menerima byte dari ATMEGA32 pengirim dan menampilkan hasil pengukuran yang diterima pada sebuah televisi.
Hasil pengukuran juga bisa dikirim ke komputer untuk tujuan data logging. Untuk keperluan ini sebuah program berjalan di komputer. Program tersebut menyimpan setiap hasil pengukuran yang diterimanya ke dalam sebuah file.
Kata Kunci : -ABSTRACT: The need of data about our environment around us has drive human to make a device that can be used to measure it. Two of many data that can be measured which figure environment condition is temperature and humidity.
In this final assignment had been planned and implemented a device for measuring temperature and humidity. Sensor which used for measuring temperature and humidity is SHT11. This sensor has some benefits such as only need two signal to works, the output of measurement has been digital, small size, and stable for a long time.
The device consist of two parts which is transmitter and receiver. The direction of communication between these parts is one way only. Periodically data measurement of environment condition is done at transmitter and sent it to receiver. The receiver can be computer or another microcontroller which also made in this final assignment.
The microcontroller which used to manage the works of transmitter and receiver is ATMEGA32. This microcontroller is able to work up to 16 MHz. Another facility is the size of flash program is 32 Kilobyte and SRAM is 2 Kilobyte of size. The main function of ATMEGA32 at transmitter is to control SHT11 and send the result of measurement to receiver. In receiver, the function of ATMEGA32 is to receive byte from transmitter and display the results to a television.
The result can also sent to computer for data logging. For this purpose a program is running in a computer. The program saved every received results into a file.
Keyword: -

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Desain dan Implementasi Telemetri Suhu Ruang Berbasis Mikrokontroller ATMEGA Design and Implementation Room Temperature Telemetry Based on ATMEGA Microcontroller
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rio Timbul Mangatur Malau
Perorangan
Basuki Rahmat, Bambang Sumajudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini