ANALISIS SMSC GATEWAY ANTARA TELKOMFLEXI DAN MOBILE 8 STUDI KASUS DI MENARA MULTIMEDIA JAKARTA PUSAT (SMSC Gateway Analysis Between TelkomFlexi and Mobile 8 Case Study in Menara Multimedia Jakarta Pusat)

Fajar Mirza Zulfi

Informasi Dasar

111010118
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi telekomunikasi berperan sangat besar bagi kebutuhan hidup manusia pada jaman sekarang ini. TelkomFlexi ikut andil pula dalam memenuhi kebutuhan tersebut agar dapat memudahkan manusia dalam berkomunikasi secara mobile. Layanan dalam telekomunikasi yang paling banyak dipergunakan oleh konsumen adalah SMS ( Short Message Service ), karena kemudahan dalam pengiriman dan tarif yang relative terjangkau.
Bandung merupakan kota yang berkembang cukup pesat, tidak luput pula dalam perkembangan telekomunikasi. Kandatel Bandung pun telah mengembangkan TelkomFlexi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berbasiskan CDMA 2000 1x.
Layanan SMS merupakan suatu gateway yang berfungsi sebagai penghubung antara penyedia layanan informasi. Gateway ini yang akan memproses jenis layanan yang diinginkan sesuai kebutuhan pelanggan, karena SMS gateway memiliki kemampuan untuk menerima dan menterjemahkan pesan dari pelanggan, kemudian mengakses database sesuai permintaan untuk dikirimkan kembali ke pelanggan dalam bentuk pesan.
Analisa yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tentang performansi dari SMSC gateway pada TelkomFlexi dalam menagani pesan yang keluar maupun pesan yang masuk. Parameter-parameter yang akan dianalisa diantaranya adalah laju kedatangan rata-rata pesan yang menuju ke TelkomFlexi, delay time, factor utilitas sistem, throughput sistem untuk trafik dari TelkomFlexi ke operator CDMA lainnya dan untuk trafik ke TelkomFlexi, paket loss dari dan ke TelkomFlexi.Kata Kunci : ABSTRACT: Telecommunication technology has become more important as one of people needs nowadays. Telkomflexi was involved in order to fulfill that people’s need in telecommunication technology so they can mobile in communication. The services which used most by the user of telecommunication technology is SMS ( Short Message Service ), it is because it’s simple of use and it’s reachable tariff.
Bandung is fast-growing developed city in Indonesia nowadays is also developing their telecommunication. Kandatel Bandung has developed Telkomflexi in order to fulfill the peoples needs of telecommunication in Bandung so they can use this CDMA 2000 1x telecommunication-based services.
Short Message Service is a gateway which is it’s function as a connector between information service provider. The gateway will proceed kinds of service which needs by the customer, and then accessed the database as the request and send it again to the customer in message form.
The purpose of doing this analysis is to know the performance of SMSC gateway on Telkomflexi in handling incoming and outcoming messages. Some of the parameters which will be analysed are the average speed of incoming message on Telkomflexi, delay time, system utility factor, throughput system for traffic from and to Telkomflexi with another CDMA operator, Loss package from and to Telkomflexi.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISIS SMSC GATEWAY ANTARA TELKOMFLEXI DAN MOBILE 8 STUDI KASUS DI MENARA MULTIMEDIA JAKARTA PUSAT (SMSC Gateway Analysis Between TelkomFlexi and Mobile 8 Case Study in Menara Multimedia Jakarta Pusat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fajar Mirza Zulfi
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini