ANALISA SISTEM ANTRIAN MENGGUNAKAN PRIORITY AGED QUEUE (PAQ) PADA JARINGAN INTERNET (Analysis Queuing System Using Priority Aged Queue (PAQ) in Internet Network)

KANDA PERDANA PUTRA

Informasi Dasar

111010109
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan internet awalnya merupakan suatu perpindahan data yang sederhana dari suatu jaringan ke jaringan yang lain, dengan perkembangan komputer atau internet yang semakin pesat, dan juga munculnya aplikasi-aplikasi yang semakin kompleks, maka internet tidak hanya melewatkan atau mengirim data berupa teks saja, tetapi juga informasi berupa voice, video, speech, dan lain-lainnya. Disamping itu aplikasi multimedia yang bersifat streaming pada jaringan internet yang meminta Quality of Service (QoS) yang bagus harus sangat diperhatikan, karena hal ini akan mempengaruhi kualitas dari aplikasi streaming tersebut.
Salah satu cara dalam meningkatkan kualitas adalah dari sistem penjadwalan atau sistem antrian. Sistem antrian yang akan digunakan ada beberapa metode, seperti First In First Out (FIFO), Priority Queue (PQ), dan Priority Aged Queue (PAQ). Dalam metode antrian ini akan disimulasikan paket yang akan dilewatkan melalui server atau router pada jaringan internet. Untuk mengukur performansi maka dalam sistem antrian akan dilihat mengenai parameter throughput, loss, dan delay. Hasil yang diharapkan adalah perbandingan performansi algoritma FIFO, PQ, dan PAQ sehingga kita dapat meningkatkan kualitas atau Quality of Service (QOS) pada jaringan internet.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa algoritma FIFO mengalami loss yang paling banyak untuk paket UDP, sedangkan untuk algoritma PQ dan PAQ paket UDP mengalami loss yang sedikit. Algoritma PAQ mengurangi jumlah loss yang terjadi pada paket TCP, hal ini mengakibatkan delay waktu pada paket UDP menjadi lebih lama dibandingkan dengan algoritma PQ. Adanya waktu delay yang terjadi pada algoritma PAQ masih ditolerir untuk aplikasi yang yang menggunakan protokol UDP. Pada sistem, paket UDP akan ditoleransi delay sebesar 300 ms, guna melayani paket TCP yang menunggu di buffer.Kata Kunci : ABSTRACT: In the beginning, internet network is used to transfer simple data from one network to the others, with the development of computer and internet that more and more rapid, and also appearances more complex application, so internet not only through or transmit text data, but also information like voice, video, speech and others. Beside that multimedia application that have streaming characteristic on the internet network and need good Quality of Service (QoS) must be noticed, because it will be has influence to the quality from that application.
One way to improve the quality from the system is scheduling system or queue system. Queue system that used have several method, like First In First Out (FIFO), Priority Queue (PQ), and Priority Aged Queue (PAQ). On this queue method will be simulated packet that through over server or router on the internet networks. To measure the performancem, then in the queue system will be seen about several parameters, as throughput, loss, and delay. The expectation result from simulation is comparation about performance from FIFO, PQ, and PAQ algoritms; so we can improve the quality (QoS) on the internet network.
The simulation result show that FIFO algorithm have the biggest loss for UDP packet, while for PQ and PAQ algorithm, UDP packet has a small loss. PAQ algorithm decrease amount of loss thath happen on TCP packet, this can cause time delay on UDP packet more longer than PQ algorithm. The time delay that occur on PAQ algorithm can be toleranced for the application thath using UDP protocol. On the system, UDP packet will be toleranced time delay about 300 ms, for serve TCP packet that still waiting on the buffer.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISA SISTEM ANTRIAN MENGGUNAKAN PRIORITY AGED QUEUE (PAQ) PADA JARINGAN INTERNET (Analysis Queuing System Using Priority Aged Queue (PAQ) in Internet Network)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KANDA PERDANA PUTRA
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini