ANALISIS QoS PADA LAYANAN EV-DO (STUDI KASUS TELKOM FLEXI BANDUNG)

RUDY STEVEN GULTOM

Informasi Dasar

111010108
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi EV-DO merupakan sistem komunikasi seluler yang lebih maju dengan kecepatan transfer data lebih tinggi dari sistem CDMA sebelumnya. CDMA 2000 1x EVDO mampu menyediakan kecepatan data hingga 2.4 Mbps, dengan throughput mobile hingga 700 kbps. Kapasitas ini hampir menyamai kemampuan DSL (Digital Subscriber Line) yang digunakan untuk wireline dan jaringan fiber optik sehingga sangat sesuai untuk aplikasi video streaming.
Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan analisis QoS (Quality of Service) dari layanan EV-DO. Dalam hal ini dikarenakan operator yang sedang menjalankan trial dari teknologi tersebut adalah layanan Flexi dari PT.TELKOM, maka analisa yang dilakukan mengambil data dari perusahaan tersebut. Parameter – parameter yang akan dianalisa adalah Data Rate, C/I Forward, C/I Reverse, Delay, jumlah user, Throughput per BTS dan Throughput user.
Sebagai pembanding penulis membuat sebuah program simulasi. Program simulasi menggunakan beberapa asumsi dan pendekatan yang mendekati kondisi riil di lapangan. Output dari program simulasi berupa data parameter QoS layanan EV-DO. Setelah itu akan dibandingkan antara data hasil pengukuran dengan data hasil program simulasi. Diharapkan dari analisa tersebut dapat diketahui seberapa handal QoS dari layanan EV-DO tersebut.Kata Kunci : EV-DO, QoS, Data Rate, Throughput, C/I, DelayABSTRACT: not availableKeyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISIS QoS PADA LAYANAN EV-DO (STUDI KASUS TELKOM FLEXI BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RUDY STEVEN GULTOM
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini