Analisis Perbandingan Kinerja Algoritma Kompresi LZW, Huffman dan Deflate Pada Berbagai Jenis File PERFORMANCE COMPARISON ANALYSIS OF LZW, HUFFMAN AND DEFLATE COMPRESSION ALGORITHMS ON VARIOUS FILES

AHMAD FITRIANSAH

Informasi Dasar

111010095
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan semakin berkembangnya bentuk data yang diolah melalui perangkat komputer, maka semakin besar pula ukuran dari data yang diolah tersebut. Data yang berukuran besar akan sangat menyita ruang penyimpanan yang dimiliki, serta akan sangat memakan waktu jika dipertukarkan dengan pengguna lainnya dalam jaringan komputer.Untuk itu perlu dilakukan pemampatan data atau kompresi data untuk bisa meminimalkan ukuran dari data yang akan digunakan.
Pada Tugas Akhir ini dilakukan pengujian dan perbandingan kinerja tiga algoritma kompresi yaitu algoritma Huffman, algoritma LZW (Lempel-Ziv-Welch) dan algoritma Deflate. Ketiga algoritma tersebut diimplementasikan ke dalam dua perangkat lunak yang pertama adalah program pengkompresi data dan yang kedua program penampil citra dari server ke klien dan diujikan terhadap beberapa golongan kasus uji, lalu kinerjanya diukur berdasarkan kecepatan kompresi, kecepatan dekompresi serta rasio ukuran file hasil kompresi dengan file sebelum kompresi.
Dari hasil pengujian, Algoritma Deflate menghasilkan rasio kompresi yang paling bagus yaitu dengan rata-rata rasio kompresi 401,2%, diikuti oleh algoritma LZW yaitu dengan rata-rata rasio 240,2% dan terakhir algoritma Huffman dengan rata-rata rasio kompresi 146,9%. Sedangkan dilihat dari segi kecepatan kompresi data, algoritma Huffman menghasilkan kecepatan rata-rata yang paling tingi yaitu dengan rata-rata kecepatan kompresi 6.560,3 Kbyte/s, diikuti oleh algoritma Deflate dengan 1.833,7 Kbyte/s dan algoritma LZW 483,6 Kbyte/s. Sedangkan untuk kecepatan dekompresi data algoritma Deflate menghasilkan kecepatan rata-rata 17.653,5 Kbyte/s kemudian algoritma Huffman 7.790,8 Kbyte/s dan algoritma LZW 622,4 Kbyte/s.Kata Kunci : ABSTRACT: As the data format that processed within computer has been growth, the bigger data size is concerned. Large size data require more space in storage, and it will take too much time when it transferred with other users in computer’s network. In spite of this, it is need to compress the data so it will minimize the size of data that used.
In This final duty, will be tested and compared three compression algorithms, those are Huffman Algorithm, LZW Algorithm, and Deflate Algorithm. All of those algorithm will be implemented into two software first is compression software and the second is image viewer from server to client software, both will be tested into several group test, performances that measured are compression speed, decompression speed and compression ratio.
The implementation result shows, Deflate produce the best average compression ratio with 401,2%, followed by LZW with 240,2% and Huffman with 146,9%. Base on compression speed, Huffman gain the top position with average compression speed 6.560,3 Kbyte/s, followed by Deflate with 1.833,7 Kbyte/s and LZW with 483,6%. Meanwhile, base on decompression speed, Deflate produce average decompression speed up to 17.653,5 Kbyte/s, followed by Huffman with 7.790,8 Kbyte/s and LZW with 622,4 Kbyte/s.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

Analisis Perbandingan Kinerja Algoritma Kompresi LZW, Huffman dan Deflate Pada Berbagai Jenis File PERFORMANCE COMPARISON ANALYSIS OF LZW, HUFFMAN AND DEFLATE COMPRESSION ALGORITHMS ON VARIOUS FILES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD FITRIANSAH
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini