ANALISIS VERTICAL HANDOFF PADA INTERWORKING ANTARA JARINGAN AKSES WIRELESS 802.11e DAN 802.16

Wahyu Setianto

Informasi Dasar

111010064
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan wireless yang heterogen akan sangat dominan pada jaringan wireless nextgeneration dengan pengintegrasian bermacam-macam jenis jaringan akses wireless. Jaringan wireless mesh akan menjadi sebuah teknologi kunci sebagai suatu solusi untuk pengembangan layanan internet wireless yang cepat, handal, dan menjangkau area yang lebih luas.
Dalam tugas akhir ini, kita akan membahas suatu arsitektur interworking dari backbone wireless mesh dan menganalisa suatu rancangan vertical handoff yang efektif antara jaringan akses wireless 802.11 dan 802.16. Rancangan vertical handoff bertujuan untuk mengurangi overhead signaling saat terjadi handoff pada backbone wireless dan menyediakan delay handoff yang rendah pada mobile node.
Admission control adalah suatu mekanisme QoS yang melindungi QoS pada laju trafik yang ada dan memutuskan apakah suatu panggilan baru dapat dilakukan. Algoritma handoff decision dikombinasikan dengan admission control dapat menjamin dukungan QoS pada laju trafik yang ada dalam WLAN dengan memindahkan panggilan-panggilan baru ke jaringan WiMAX, jika permintaan panggilan baru tersebut dapat mengurangi QoS dari trafik real-time yang sudah atau yang sedang berlangsung.
Performansi dari rancangan vertical handoff akan disimulasikan dengan menggunakan network simulator (NS-2.29). Hasil simulasi menunjukkan bahwa rancangan vertical handoff berjalan dengan baik dalam kaitannya dengan signaling cost, handoff delay, system throughput, dan packet delay.Kata Kunci : -ABSTRACT: Heterogeneous wireless networks will be dominant in the next-generation wireless networks with the integration of various wireless access networks. Wireless mesh networks will become to a key technology as a solution for wide deployment of high speed, scalable and ubiquitous wireless Internet services.
In this final project, we will discuss an interworking architecture of wireless mesh backbone and analyze an effective vertical handoff scheme between 802.11e and 802.16 wireless access networks. The vertical handoff scheme aims at reducing handoff signaling overhead on the wireless backbone and providing a low handoff delay to mobile nodes.
Admission control is a QoS mechanism that decides whether a new connection can be established. Together with call admission control, the vertical handoff scheme directs a new call request in the 802.11 network to the 802.16 network, if the admission of the new call in the 802.11 network can degrade quality-of-service (QoS) of the existing real-time traffic flows.
Performance of vertical handoff scheme will be simulated in network simulator (NS- 2.29). Simulation results demonstrate the performance of the handoff scheme with respect to signaling cost, handoff delay, and QoS support, in terms of system throughput and packet delay.Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS VERTICAL HANDOFF PADA INTERWORKING ANTARA JARINGAN AKSES WIRELESS 802.11e DAN 802.16
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wahyu Setianto
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Nachwan Mufti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini