ANALISIS PERFORMANSI LAYANAN VOICES BERBASIS IP PADA SAMBUNGAN LANGSUNG JARAK JAUH (Studi Kasus PT INDOSAT, Tbk Layanan GLOBALSave) ANALYSIS OF IP BASED VOICES SERVICE PERFORMANCE ON LONG DISTANCE CALL ( Case of Study PT.INDOSAT, Tbk GLOBALSave Service )

NOVEL PRIYANTO

Informasi Dasar

111010053
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang digunakan untuk mentransmisikan suara pada jaringan IP, digunakan pada jaringan corporate atau internet. VOIP memiliki layanan yang lebih banyak dibandingkan dengan sambungan PSTN dengan biaya yang lebih murah. Namun kita ketahui bahwa pada layanan data pasti terjadi berkurangnya kualitas suara sehingga menyebabkan data suara yang terkirim tidak sebaik yang diharapkan. Penggunaan jaringan IP sebagai media akses, memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah IP network yang tersedia saat ini dirancang untuk jaringan data yang sifatnya tidak membutuhkan real time tinggi, berbeda dengan voices. Selain itu keterbatasan bandwidth dan overload traffic merupakan penyebab utama terjadinya packet loss pada data yang dikirimkan sehingga suara akan kehilangan kontinuitasnya, lalu delay dan jitter yang menyebabkan suara terputus-putus.
Tugas akhir ini akan menganalisa network yang sebenarnya terjadi dilapangan dengan berbagai parameter QoS, termasuk didalamnya adalah protokol H.323, codec G.729, call control dan signalling beserta pendukungnya, link akses, trafik yang lewatkan, besar bandwidth yang dibutuhkan, dan parameter lain yang mempengaruhi proses pentransmisian data. Sehingga dengan semua parameter yang ada pada kondisi riil, dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi performansi (QoS) jaringan VoIP tersebut sesuai dengan standar ITU. Jaringan yang akan dianalisa adalah jaringan VoIP milik PT. INDOSAT, Tbk, dalam hal ini adalah layanan sambungan langsung jarak jauh GLOBALSave. Sehingga diharapkan dengan analisa ini, dapat diketahui permasalahan yang terjadi dilapangan berikut solusinya.Kata Kunci : ABSTRACT: Voice over IP (VoIP) is the technology that is used to transmit voice over an IP network, which can be either a corporate network or the Internet. VoIP has more service at lower price than PSTN. As we all know, there must be a lack of voice quality on data packet service, that will cause the sent on data voice is not as good as we expected to be. The use of IP media as an access has some weaknesses, such as IP network available nowadays is designed for data link that requires no high real time, this different from VOIP. Beside that, limited bandwith and overload traffic is the main cause at packet loss when sent data voice, that make voice will lose its continuity. And then there’s delay and jitter which cause the voice is interupted.
This final project will analize real network and various parameter QoS, which includes protocol H.323, codec G.729, call control and signalling and it’s support, link access, passed traffic, the size of bandwidth whish is needed, and other parameter that influence data transmission process. With all parameter that exist in real condition, factors that influence VoIP network performances (QoS) can be analyzed, according the ITU standard. Network that will be analyzed is GLOBALSave long distance call service VoIP network which belongs the PT. INDOSAT. It’s hope that this analysis will provide solutions for problems that happen in reality.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI LAYANAN VOICES BERBASIS IP PADA SAMBUNGAN LANGSUNG JARAK JAUH (Studi Kasus PT INDOSAT, Tbk Layanan GLOBALSave) ANALYSIS OF IP BASED VOICES SERVICE PERFORMANCE ON LONG DISTANCE CALL ( Case of Study PT.INDOSAT, Tbk GLOBALSave Service )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVEL PRIYANTO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini