PERENCANAAN INTEGRASI WiFi DENGAN JARINGAN INDOOR GSM DI HOTEL HOLIDAY INN BANDUNG (INTEGRATION PLANNING OF WiFi WITH INDOOR GSM NETWORK IN HOTEL HOLIDAY INN BANDUNG)

ROSNA SARI PURBA

Informasi Dasar

111010040
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Integrasi antara WiFi dengan jaringan GSM merupakan salah satu solusi yang digunakan untuk menggelar jaringan internet di dalam gedung. Karena pada dasarnya gedung-gedung sudah tercakup oleh jaringan GSM. Integrasi ini dilakukan di sisi BTS, yaitu dengan menambahkan WLAN Booster, Multi Combiner, dan Access Points. Sedangkan untuk akses internet, dapat disediakan oleh ISP, 3G High Speed Internet maupun Intranet.
Dalam tugas akhir ini akan dibahas proses perencanaan integrasi WiFi dengan jaringan indoor GSM. Perencanaan dilakukan dengan memperhitungkan kapasitas pelanggan, konfigurasi jaringan dan evaluasi terhadap hasil perencanaan.
Langkah-langkah yang diambil dalam proses perencanaan integrasi WiFi dengan jaringan indoor GSM ini meliputi estimasi jumlah Access Point yang dibutuhkan dalam komitmen area berdasar jumlah pelanggan dan spesifikasi perangkat yang digunakan dari pihak operator. Kemudian akan dilakukan perencanaan jumlah antena indoor, radius cakupan tiap antena indoor dan posisi antena indoor yang optimal.
Selanjutnya akan dilakukan perbandingan hasil perancangan terhadap nilai KPI. RSSI untuk WiFi -65 dBm dan untuk GSM 95 % dari komitmen area memenuhi Rx Level lebih besar -80 dBm. Sehingga diperoleh suatu jaringan GSM-WiFi indoor yang handal dengan kapasitas optimal dan mampu memberikan kualitas sinyal yang bagus.Kata Kunci : ABSTRACT: The integration of WiFi and GSM network is one of solution that can be used to present internet in a building. Basicly a building was covered by GSM network. This integration is done at the side of BTS by adding WLAN Booster, Multi Band combiner and Access Point. While for internet access can be provided by ISP, 3G high speed internet or intranet.
This paper would be discussed process in planning the integration of WiFi and GSM indoor network. The planning done by calculating the capacity of customer, network of configuration, and evaluation the result of the planning.
Some steps would be done in the process of planning integration of WiFi and GSM Indoor network are estimation of number Access Point required in commitment area based on the number of customer and spesification of instrument which is used by operator. And also would be done planning the number of indoor antenna needed, radius coverege of each antenna and optimal position of indoor antenna.
And then, the result of the planning will be compared to KPI. The RSSI for WiFi must bigger than -65 dBm and the Rx Level for GSM, 95% from commitment area must bigger than -80 dBm. So, it will get a good GSM-WiFi indoor network with optimal capacity and also can give good signal quality.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

PERENCANAAN INTEGRASI WiFi DENGAN JARINGAN INDOOR GSM DI HOTEL HOLIDAY INN BANDUNG (INTEGRATION PLANNING OF WiFi WITH INDOOR GSM NETWORK IN HOTEL HOLIDAY INN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROSNA SARI PURBA
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini