Analisis Sistem Keamanan Jaringan WirelessLAN dengan Menggunakan Metode Wardriving

Aditya Wahyu Setyawan

Informasi Dasar

111000190
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi jaringan nirkabel sebenarnya bukanlah suatu hal yang baru, namun maraknya penggunaan teknologi jaringan nirkabel baru dirasakan akhir-akhir ini saja. Banyak ISP saat ini membangun infrakstruktur nirkabel dalam menggelar jasanya, komunikasi internal perusahaan juga menggunakan jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel ini menggunakan frekuensi 2,4 Ghz yang telah dibebaskan penggunaannya oleh pemerintah, karena bebas inilah maka jalur 2,4 Ghz ini tidak terlindungi secara hukum yang ironisnya justru banyak digunakan oleh banyak perusahaan untuk komunikasi perusahaan tersebut. Karena tidak terlindungi hukum maka jalur 2,4 Ghz ini pun tidak di dukung standarisasi keamanan seperti misalnya pada frekuensi 800/900/1800 Mhz (telepon genggam) sehingga hal ini menjadi celah keamanan yang empuk bagi para hacker untuk menyusup dan mencuri pada jaringan yang dituju.
Dalam tugas akhir ini, analisis pada sistem keamanan jaringan wrielessLAN dilakukan dengan menggunakan metode wardriving. Kegiatan wardriving sendiri merupakan kegiatan scanning. Wardriving dilakukan dengan menggunakan laptop/notebook yang dilengkapi dengan wireless NIC dengan mode promiscuous untuk menyadap sinyal wirelessLAN. Selanjutnya dengan menggunakan tools tertentu dapat tersambung ke jaringan wirelessLAN yang tidak diproteksi untuk menyusup kedalam jaringan tersebut untuk mencuri rahasia perusahaan tertentu karena jaringan nirkabel juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam menjalin komunikasi internal perusahaan tersebut atau untuk mendapatkan (“mencuri”) akses internet secara anonymous.
Hal yang diharapkan dalam tugas akhir ini adalah untuk mengetahui apakah sistem keamanan pada jaringan nirkabel yang ada pada saat ini dapat melindungi diri dari serangan penyusupan tersebut.Kata Kunci : wardriving, jaringan nirkabel, mode promiscous(monitor), sistem keamananABSTRACT: In fact actually the term of wirelessLAN technology is not a new matter, but the hoisterous of technological use of wirelessLAN is newly just felt latterly. Nowadays a lot of ISP build wireless infrastructure in performing its service, internal communications of company also using wirelessLAN . this technology use the frequency 2,4 Ghz which have been freed its use by government, hence because it free this 2,4 Ghz band is not protected judicially which ironically exactly is used by a lot of company for the communications of the company. Because is not protected by the law hence this 2,4 Ghz band also do not fulfill the security standart like for example at frequency 800/900/1800 Mhz ( cellphone) so that this matter become like a sitting duck to all hacker to infiltrate and steal at the network.
In this final project, an analysis will be conducted to test the security system of wirelessLAN, by doing an activity called wardriving. Wardriving represent the scanning activity. Wardriving conducted by using notebook provided with a wireless NIC wich support the promiscuous mode to tap the wirelessLAN signal. Hereinafter by using certain tools can be jointed to a protected wirelessLAN to infiltrate into the network to steal ex. certain company secret because wirelessLAN is also used by company in braiding internal communications of the company or to get(“steal”) the internet access anonymously.
To be expected in this final project is to know whether the security system of wirelessLAN that exist in in this time can protect itself from the infiltration attack.Keyword: wardriving, wirelessLAN, promiscous(monitor) mode, security system

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Sistem Keamanan Jaringan WirelessLAN dengan Menggunakan Metode Wardriving
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aditya Wahyu Setyawan
Perorangan
Gunawan Adi, Muhammad Ary Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini