PERENCANAAN HOTSPOT DI HOTEL NALENDRA BANDUNG

RAMA EMERALD

Informasi Dasar

111000086
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kemudahan pertukaran data antar user dalam suatu jaringan dengan kecepatan tinggi tanpa harus bergantung pada jaringan fisik bisa didapatkan dengan menggunakan teknologi Wireless Local Area Network (WLAN). WLAN merupakan sebuah teknologi alternatif akses internet yang bersifat unlicensed dengan keunggulan instalasi perangkat lebih cepat dan mudah, lebih fleksibel dalam menjangkau areaarea yang ada.
Untuk mendapatkan struktur jaringan dengan kualitas yang maksimum pada Wireless LAN tersebut, maka diperlukan sebuah perancangan Wireless LAN tersebut. Dalam perancangan Wireless LAN, perlu di tentukan jumlah dan Coverage Cell-nya, ink Budget, perkiraan jumlah user, jenis perangkat yang akan digunakan, penempatan Access Point, sehingga akan didapatkan QOS (Quality Of Service) sesuai dengan yang diinginkan.
Pada tugas akhir ini, dibahas mengenai perancangan Hotspot di Hotel Nalendra Bandung dengan menggunakan IEEE 802.11g dengan langkah perancangan: pendataan user dan provider, pendataan lokasi fisik dan jaringan, perhitungan jumlah Access Point yang akan di gunakan, perhitungan Link Budget, survey site, desain jaringan, instalasi hardware (implementasi), pergetesan koneksi atau performansi, untuk mendapatkan performansi Wireless LAN yang maksimum.
Kata Kunci : Hotspot,Wireless LAN 802.11g, Perencanaan, Link Budget.ABSTRACT: The simpleness of data exchange between user in a network with highspeed without the dependence of of physical network can realized by Wireless Local Area Network (WLAN). WLAN is an alternative unlicensed technology in internet access with hardware fast and simple instalation, and more flexible in handle the coverage area.
To have a network structure with maximum quality at the wireless LAN, we need a Wirelesss LAN planning. In Wireless LAN planning we have to decide the coverage cell, link budget, user number, hardware, point of access point place, so we will get the QOS (Quality Of Service) that we need.
This final duty studied the planning of Hotspot in Hotel Nalendra Bandung using IEEE 802.11g with planing steps: data maining of user and provider, data maining of physic location and network, number of access point that will be used, network desain, hardware instalation (implementation), performance and connection test, to reache maximum Wireless LAN performance.
Keyword: Hotspot,Wireless LAN 802.11b, planning, link budget

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

PERENCANAAN HOTSPOT DI HOTEL NALENDRA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAMA EMERALD
Perorangan
Rendy Munadi, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini