ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANSI SERTA KINERJA JARINGAN ATM DAN TCP/IP MENGGUNAKAN OPNET VERSI 9.1.A ANALYSE THE COMPARISON PERFORMANCE BETWEEN ATM AND TCP/IP NETWORK USING OPNET VERSION 9.1.A

F E R L A N

Informasi Dasar

111000082
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Hingga saat ini, jaringan TCP/IP merupakan salah satu bentuk jaringan yang masih dapat memenuhi kebutuhan akan komunikasi yang murah dan efisien. Akan tetapi karena kebutuhan akan jenis layanan trafik yang terus berkembang dan memerlukan jaminan pelayanan tinggi seperti misalnya layanan multimedia video, audio dan data real-time mendorong adanya peningkatan teknis operasional dan perbaikan tehadap masalah-masalah yang sering terjadi pada jaringan TCP/IP tradisional.
Jaringan TCP/IP tradisional dinilai sudah tidak mampu untuk melayani kebutuhan transfer paket yang memerlukan jaminan layanan tinggi tersebut. Berbagai perbaikan dan pembenahan terus dilakukan terhadap kekurangan yang ditemukan. Pemberian bandwith yang besar dan tetap (fixed) diharapkan mampu meningkatkan performansi jaringan.
ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang telah dinobatkan sebagai teknologi jaringan publik masa depan, sekarang telah diimplementasikan dalam kenyataan, dengan banyak penyedia layanan ATM diseluruh dunia, masing-masing menggulirkan layanan yang berbasis ATM. Kemampuan untuk bisa menguasai dan memanfaatkan teknologi ATM pada jaringan publik akan memberikan keuntungan yang strategik pada daya saing dan perkembangan usaha.
ATM memberikan performansi yang tinggi, jaminan Quality of Service, manajemen bandwith yang efisien, kemudahan dalam operasional dan konsolidasi yang baik dalam protokol jaringan baru. Tidak perlu lagi harus membangun jaringan baru yang terpisah untuk setiap servis baru yang akan diimplementasikan (seperti LAN dan Frame Relay), karena jaringan ATM menyediakan servis bagi protokol jaringan baru, dan tetap mempertahankan jaringan fisik berbasis ATM tetap berjalan.
Tugas akhir ini akan membahas mekanisme ATM dalam melakukan forwarding paket data, serta melakukan simulasi untuk membandingkan kinerja yang diberikan oleh jaringan ATM dengan TCP/IP tradisional. Simulasi dilakukan dengan menggunakan OPNET Versi 9.1.A untuk menentukan kinerja masing-masing jaringan terhadap parameter throughput, packet delay variation, packet loss dan delay dari sistem yang digunakan.Kata Kunci : ABSTRACT: Till in this time, network TCP / IP represent one of network form which admit of to fulfill the communications requirement will be efficient and cheap. However because requirement of service type of trafik non-stoped expand and need the high service guarantee like for example service of multimedia video, audio and data real-time push the existence of technical improvement operational and repair the problem which is often happen in TCP / IP network.
Assessed by traditional network TCP/IP have incapable of serving requirement transfer the packet needing the high service guarantee. Various repair and correction non-stoped to be done to found insuffiency. big gift bandwith and remain to fixed expected able to improve the network performance.
ATM (Asynchronous Transfer the Mode) what have been choosed as public network technology of the future, now implementation have in fact, with manyservice provider ATM in all the world, each gave services based on ATM. Ability to be able to master and exploit the technology ATM at public network will give the strategic advantage of competitiveness and growth.
ATM give the highest performances, guarantee of Quality of Service, efficient management bandwith, amenity in good consolidation and operational in new network protocol. No need to again have to develop, build the separate new network to each every new service to implementation ( like LAN and Frame Relay), because network ATM provide the service for new network protocol, and remain to maintain the network of physical based on ATM remain to walk.
This final task will study the mechanism ATM in conducting forwarding of data packet, and also do the simulation to compare the performance given by network ATM by TCP / IP. Simulation done by using OPNET Version 9.1.A to determine the performance of each network to parameter throughput, packet delay variation, packet loss and delay from used system.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANSI SERTA KINERJA JARINGAN ATM DAN TCP/IP MENGGUNAKAN OPNET VERSI 9.1.A ANALYSE THE COMPARISON PERFORMANCE BETWEEN ATM AND TCP/IP NETWORK USING OPNET VERSION 9.1.A
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

F E R L A N
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini