PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA LMSCMA UNTUK SISTEM ANTENA ADAPTIF PADA FPGA (DESIGN AND IMPLEMENTATION OF LMS-CMA FOR ADAPTIVE ANTENNA SYSTEM ON FPGA)

DENNY BAMBANG HARTONO

Informasi Dasar

111000072
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penelitian ini merancang dan mengimplementasikan algoritma Least Mean Square (LMS) dan Constant Modulus Algorithm (CMA) yang untuk sistem antena adaptif yang akan ditanamkan pada FPGA. Selanjutnya untuk mengukur kinerja algoritma yang telah diimplementasikan pada FPGA, maka diperlukan perangkat keras model sistem antena adaptif yang akan dibuat dari susunan mikrofon dan perangkat lain seperti filter, modulator dan demodulator FM, serta penguat tingakat audio.
Perangkat keras model sistem antena adaptif yang digunakan untuk mengeliminasi fading akibat pantulan. Dua buah mikrofon dipasang sejajar untuk menangkap sinyal FM. Sinyal FM akan dipancarkan oleh 2 buah speaker. Satu sinyal mewakili sinyal langsung dan sinyal lainnya mewakili sinyal pantulan.
Sistem ini dibentuk berdasarkan prinsip GSC(Generalized Sidelobe Canceler). Secara prinsip susunan antena akan memberikan lobenya kepada sinyal yang diharapkan/sinyal langsung dan memberikan null lobe ke arah sinyal-sinyal pantul/pengganggu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menghilangkan sidelobe pada arah sinyal sinyal pantul. Dengan sistem ini maka efek fading akibat pantulan bisa dieliminasi.
Algoritma adaptif yang dipakai ialah: LMS(Least Mean Square) untuk perubahan harga bobot dan CMA(Constant Modulus Algorithm) untuk perhitungan error.
Hasil implementasi pada Spartan II Xilinx FPGA bekerja pada frekuensi maksimum 44.905 MHz dan mempergunakan 1011 slices (506 CLB) atau 84 % dari yang tersedia pada Spartan II Xilinx FPGA. Hasil simulasi menggunakan Matlab juga menunjukkan bahwa sistem antena adaptif bisa memberikan lobe utama untuk arah user dan null lobe pada arah pengganggu.Kata Kunci : ABSTRACT: This research aimed to design and implement Least Mean Squared and Constant Modulus Algorithm for Adaptive Antenna system on FPGA. For measuring implemented algorithm performance, we used microphones array and other devices such as filter, modem FM, and audio amplifier for modelling the adaptive antenna system.
Adaptive antenna system hardware model to combat multipath fading. Two microphones to receive FM signal transmitted by 2 speakers. First signal represent direct signal and other is reflected signal.
This system based on GSC(Generalized Sidelobe Canceler) system. Generally, antenna array will gives major lobe to direct signal and also making null to reflected signal direction. So the multipath fading effect could be eliminated.
Using LMS (Least Mean Square) to weight updating and CMA (Constant Modulus Algorithm) to error calculation. Those algorithms will be implemented in Spartan II Xilinx FPGA (XC2S1005TQ144).
Implementation result on Spartan II Xilinx FPGA work on maximum frequency 44.905 MHz and used 1011 slices (506 CLB) or 84 % available in Spartan II Xilinx FPGAKeyword:

Subjek

other
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA LMSCMA UNTUK SISTEM ANTENA ADAPTIF PADA FPGA (DESIGN AND IMPLEMENTATION OF LMS-CMA FOR ADAPTIVE ANTENNA SYSTEM ON FPGA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DENNY BAMBANG HARTONO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini