ANALISA PERFORMANSI WLAN (Wireless LAN) UNTUK KALANGAN ENTERPRISE (Studi Kasus Kantor TELKOM Japati Bandung) (Analysis of Wireless LAN Performance for Enterprise Area) “In Case Study at TELKOM Japati Bandung”

WULAN PARAMANINGRUM

Informasi Dasar

111000040
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi Wireless LAN telah memicu banyak pihak untuk menjadikannya sebagai layanan tambahan dalam mendukung aktifitas utamanya. Tidak hanya bagi para pengakses Internet publik seperti kafe, restoran, hotel, bandara, melainkan banyak juga penggunaan untuk kepentingan di kalangan enterprise (perusahaan).
Pada dasarnya, dalam melakukan perancangan jaringan telekomunikasi adalah untuk mendapatkan performansi terbaik, karena jika tidak tercipta performansi yang baik, dapat menimbulkan gangguan pada sistem. Salah satu gangguan yang terjadi adalah masalah penggunaan channel yang sama yang menyebabkan interferensi, dan besarnya loss yang disebabkan oleh adanya propagasi indoor yang dapat menurunkan nilai RSLnya (Received Signal Level). Dalam Tugas Akhir ini dibahas mengenai hal-hal yang mempengaruhi terjadinya interferensi dan penurunan nilai RSL. Untuk lebih memperjelas mengenai masalah tersebut, maka dilakukan pengukuran untuk mendapatkan beberapa data yang digunakan dalam analisa mengenai hal tersebut.
Dari hasil pengukuran dan analisa, penurunan nilai RSL yang menyebabkan nilai RSL berada dibawah nilai minimum sensitivitas penerimanya (yaitu sebesar -85 dBm) banyak terjadi di lantai 4. Selain itu juga didapatkan bahwa interferensi banyak terjadi di lantai 8. Mengacu pada data yang ada, maka dicari solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada.
Usulan yang diajukan untuk mengatur implementasi Wireless LAN adalah dengan melakukan plot ulang coverage access point di lantai 4 dan lantai 8, menggunakan perangkat sesuai dengan standar agar radius maksimum masing-masing access point terpenuhi, dan pengaturan penggunaan channel untuk memperkecil terjadinya interferensi.Kata Kunci : Wireless, Interferensi, performansi, SNR , propagasi indoorABSTRACT: Wireless Technology development especially Wireless LAN (WLAN) 802.11b has encourage many people to use it in order to support their activities. Not only for public internet users like café, restaurant, hotel, airport, but also many users in enterprise area use this technology.
Basically, in conducting scheme of telecommunications network is to get best performance. Otherwise be created good performance, earn to generate trouble at system. Kinds of trouble which often we hear are trouble of interference caused by same channel assignment and increasing in RSL value caused by indoor propagation path loss. To get more explanation about those troubles, measurement was taken to get some data.
From the measurements and analyzing, RSL value degradation that causing its value below the value of minimum receive sensitivity (-85 dBm) occurred in 4th floor. Beside that, much interference occurred in 8th floor. From the measurements data, some solution was found to cover those troubles.
These solutions are repeating the assignment of access point coverage in 4th floor and 8th floor, using the equipments based on the standard (maximum EIRP limitation by 20 dBm) to get maximum radius of access point, and channel management to avoid interferenceKeyword: Wireless LAN, Interference, performance, SNR, indoor propagation.

Subjek

other
 

Katalog

ANALISA PERFORMANSI WLAN (Wireless LAN) UNTUK KALANGAN ENTERPRISE (Studi Kasus Kantor TELKOM Japati Bandung) (Analysis of Wireless LAN Performance for Enterprise Area) “In Case Study at TELKOM Japati Bandung”
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WULAN PARAMANINGRUM
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini