ANALISA JARINGAN LOKAL AKSES TEMBAGA DALAM MENDUKUNG LAYANAN ADSL (STUDI KASUS DI KANDATEL MALANG)

RATHNA FEBRIANI

Informasi Dasar

111000007
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dengan majunya perkembangan informasi pada saat ini, kebutuhan masyarakat akan jasa telekomunikasi juga bertambah. Jenis layanan komunikasi yang diinginkan juga bervariasi baik suara, data, maupun gambar. Teknologi broadband memungkinkan kita mengakses internet, TV kabel, video dan sebagainya hanya dengan satu jaringan akses.
Salah satu teknologi akses untuk broadband yang banyak digunakan saat ini adalah xDSL. Teknologi xDSL merupakan salah satu solusi alternatif sebagai langkah penunjang khususnya bagi jaringan lokal akses tembaga yang memiliki keterbatasan bandwidth dan kecepatan, sehingga dapat mendukung layanan digital seperti: facsimile, high speed internet, video, video conference dll. Teknologi xDSL mempunyai banyak variasi, yaitu ADSL, CDSL, IDSL, HDSL, SHDSL, RADSL, VDSL, dan SDSL. Di antara varian xDSL di atas, yang paling populer adalah ADSL atau Assymetric Digital Subscriber Line. Assymetric maksudnya adalah kecepatan yang berbeda antara mengirim dan menerima data. Di Indonesia, layanan broadband ADSL sudah tersedia. Telkom, misalnya, menyediakan layanan akses berkecepatan tinggi berbasis ADSL yang disebut Speedy. Layanan broadband ini memungkinkan komunikasi data, suara dan video secara bersamaan pada media jaringan akses kabel tembaga (line telepon). Hal tersebut dikarenakan jaringan fisik yang tadinya dengan teknologi modem analog hanya mampu melewatkan data sebesar 56 Kbps (sesuai dengan kemampuan modemnya), namun dengan adanya teknologi xDSL ini data dengan kecepatan 512 sudah dapat disupport. Secara teknis, Speedy ini sebenarnya mampu mendukung data lebih dari 2 Mbps.
Pada tugas akhir ini, dianalisa parameter kabel tembaga yang digunakan untuk layanan speedy berbasis teknologi ADSL. Juga diberikan masukan standar kabel tembaga yang baik sehingga memberikan kepuasan bagi pelanggan di Kandatel Malang.Kata Kunci : ISP, Splitter, LAN, ADSL, POTS, DMT.ABSTRACT: not availableKeyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISA JARINGAN LOKAL AKSES TEMBAGA DALAM MENDUKUNG LAYANAN ADSL (STUDI KASUS DI KANDATEL MALANG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATHNA FEBRIANI
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini