IMPLEMENTASI SISTEM PENANGANAN ROGUE ACCESS POINT MODEL BRIDGING CONNECTION PADA FAKULTAS ILMU TERAPAN UNIVERSITAS TELKOM

GUSTAF SAMUEL BONARDO

Informasi Dasar

14.06.2982
621.319 2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Rogue Access Point (RAP) merupakan salah satu ancaman terbesar dalam keamanan jaringan Wireless Local Area Network (WLAN). Dalam praktiknya RAP adalah sebuah perangkat yang dapat menciptakan jaringan wireless yang tidak sah oleh network admin. Resiko yang dihadapi dari serangan ini adalah pencurian informasi user, informasi yang dimaksud adalah seperti username dan password account.

Dalam proyek akhir ini akan dikembangkan satu solusi untuk menangani masalah RAP model bridging connection dengan membangun sebuah sistem Wireless Intrusion Detection and Prevention System (WIDPS) sebagai sistem penanganan yang dapat membantu network admin dalam mendeteksi dan melakukan tindakan lanjut (response) terhadap RAP model bridging connection.

Tindakan lanjut yang akan dilakukan oleh sistem setelah mendeteksi adanya aktifitas serangan RAP model bridging connection pada jaringan WLAN adalah melakukan block MAC Address RAP, sehingga RAP tidak dapat terhubung kembali ke dalam jaringan WLAN. Dalam sistem ini juga terdapat history log yang dapat digunakan oleh network admin untuk menganalisis ancaman keamanan pada jaringan WLAN.

Kata Kunci: Rogue Access Point (RAP), Wireless Local Area Network (WLAN), Wireless Intrusion Detection and Prevention System (WIDPS), history log.

Subjek

NETWORK SECURITY
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM PENANGANAN ROGUE ACCESS POINT MODEL BRIDGING CONNECTION PADA FAKULTAS ILMU TERAPAN UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GUSTAF SAMUEL BONARDO
Perorangan
Anang Sularsa, Setia Juli Irzal Ismail
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini