Analisis dan Implementasi Algoritma K-Means dan LVQ (Learning Vector Quantization) pada Web Usage Mining(Studi Kasus : Tuneeca Online Store)

TAUFIQUR RAHMAN AZIZ

Informasi Dasar

14.04.1018
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Web usage mining bertujuan untuk menangkap dan memodelkan pola perilaku dari pengunjung website. Pola perilaku tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perilaku dari segmen-segmen pengunjung website yang berbeda sebagai acuan dalam perbaikan kualitas website dan mendapatkan feedback dari pengguna untuk memodifikasi website tersebut. Dalam tugas akhir ini, web server log dari Tuneeca Online Store akan diproses untuk mendapatkan informasi mengenai aktifitas user dalam mengakses pages yang terdapat pada website. Tuneeca Online Store merupakan sebuah website e-commerce yang menjual-belikan produk-produk busana muslim modern. Dengan mengetahui aktivitas user pada tuneeca, dapat diketahui sejauh mana pemanfaatan website e-commerce tersebut dalam menunjang proses jual-beli. Dalam tugas akhir ini, web server log diproses melalui tahap preprocessing, kemudian dilakukan tahap clustering menggunakan algoritma K-Means dan classification menggunakan algoritma LVQ pada web usage mining. Clustering terbaik pada data log tuneeca terdapat pada k=8 dengan nilai SSE 30,45 dan Silhoutte Coefficient 0,99 dan Classification dengan akurasi tertinggi yaitu 88,29% dengan menggunakan parameter learning rate 0,07 dan maksimum epoh 40.

Kata kunci : web usage mining, clustering, classification, k-means, LVQ

Subjek

WEB DATABASE
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Algoritma K-Means dan LVQ (Learning Vector Quantization) pada Web Usage Mining(Studi Kasus : Tuneeca Online Store)
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAUFIQUR RAHMAN AZIZ
Perorangan
Eko Darwiyanto, Veronikha Effendy
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini