PENGARUH SPESIFIKASI PROGRAM BIAYA KULIAH, PROMOSI DAN LOKASI KAMPUS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI TELKOM APPLIED SCIENCE SCHOOL BANDUNG

Rixard George Dillak

Informasi Dasar

14.05.067
658.834 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perkembangan perekonomian khususnya sektor jasa di Indonesia berlangsung pesat. Salah satu sektor jasa tersebut adalah pendidikan, dimana pertumbuhan kelas ekonomi menengah mengakibatkan kebutuhan pendidikan tinggi menjadi meningkat. Akibatnya semakin meningkatnya persaingan perguruan tinggi khususnya swasta untuk mendapatkan mahasiswa baru ditiap tahun ajaran barunya. Keberadaan perguruan tinggi swasta untuk memenuhi permintaan mahasiswa yang terus tumbuh mengakibatkan timbulnya persaingan diantara perguruan tinggi untuk mendapatkan mahasiswa baru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari keempat faktor yaitu Spesifikasi Program, Biaya Kuliah, Promosi dan Lokasi terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Telkom Applied Science School Bandung. Sehingga dalam penelitian ini akan menganalisa faktor-faktor tersebut dan melihat sejauh mana pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Telkom Applied Science School Bandung.

Salah satu pokok dalam suatu kegiatan bisnis perusahaan, yaitu pemasaran. Perusahaan dituntut agar dapat memasarkan produknya semaksimal mungkin sampai tercapai target yang telah ditentukan perusahaan agar dapat memperoleh laba sesuai dengan tujuan perusahaan. Dan bukan hanya pencapaian target saja yang harus menjadi pokok acuan pemasaran tetapi juga bagaimana perusahaan tersebut dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan para konsumen. Dalam pemasaran terdapat satu strategi yang disebut Marketing mix atau Bauran Pemasaran. Bauran pemasaran mempunyai peranan yang cukup penting dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Keberhasilan suatu pemasaran baik untuk pemasaran produk maupun untuk pemasaran jasa juga dipengaruhi oleh bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari keempat faktor yaitu Spesifikasi Program, Biaya Kuliah, Promosi dan Lokasi terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Telkom Applied Science School Bandung. Sehingga dalam penelitian ini akan menganalisa faktor-faktor tersebut dan melihat sejauh mana pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Telkom Applied Science School Bandung.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analis dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Telkom Applied Science School Bandung angkatan 2014/2015 yang berjumlah 1.166 orang. Data dikumpulkan melalui survey dan kuesioner dengan sampel sebesar 98 responden. Untuk melihat hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen dalam penelitian ini digunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SPSS versi 19.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama, spesifikasi program, biaya kuliah, promosi dan lokasi mampu mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih kuliah di Telkom Applied Science School Bandung. Hal ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran merupakan faktor penting dalam menjaring mahasiswa untuk kuliah di Telkom Applied Science School Bandung.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
MARKETING STRATEGY

Katalog

PENGARUH SPESIFIKASI PROGRAM BIAYA KULIAH, PROMOSI DAN LOKASI KAMPUS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI TELKOM APPLIED SCIENCE SCHOOL BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rixard George Dillak
Perorangan
Maya Ariyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini