Pengaruh bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Operator Seluler IM3 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University)

ADE SUSILO

Informasi Dasar

14.04.991
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Berdasarkan hasil survey yang peneliti lakukan di Telkom University menunjukan jumlah pelanggan produk operator seluler IM3 menjadi kartu perdana yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom Univesity. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran jasa yang dilakukan operator seluler IM3 dalam mempengaruhi proses keputusan pembelian yang dilakukan mahasiswa FKB Telkom University, serta mengetahui variabel bauran pemasaran jasa yang paling dominan mempengaruhi proses keputusan pembelian produk operator seluler IM3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode Purposive Sampling atau Judgment Sampling., dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Kemudian, untuk analisis data digunakan analisis dekriptif dan analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Tanggapan responden mengenai pelaksanaan bauran pemasaran jasa operator seluler IM3 adalah baik dan tanggapan responden mengenai proses keputusan pembelian operator seluler IM3 adalah baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa yang dilakukan operator seluler IM3 berpengaruh secara signifikan secara simultan terhadap proses keputusan penggunaan dan memiliki koefisien determunasi sebesar 54.3%. Secara parsial, terdapat tiga variabel bebas yang berpengaruh signifikan, yaitu Produk, Harga, dan Promosi. Sedangkan variabel Tempat, Orang, Proses dan bukti fisik tidak berpengaruh secara signifikan. Dan untuk variabel yang yang dominan dalam mempengaruhi proses keputusan pembelian adalah variabel produk. Dari hasil penelitian dapat diberikan saran kepada operator seluler IM3 agar dapat memaksimalkan dan mempertahankan variabel Produk, Harga dan promosi untuk dapat meningkatkan pengaruhnya terhadap proses keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. Sedangkan untuk variabel lainnya yang tidak berpengaruh secara signifikan, harus tetap ditingkatkan agar dapat memaksimalkan pengaruh bauran pemasaran secara simultan. Dengan demikian semua variabel dalam bauran pemasaran jasa pada operator seluler IM3 dapat berfungsi dengan maksimal.

Kata kunci : bauran pemasaran jasa, proses keputusan pembelian

Subjek

MARKETING MIX
 

Katalog

Pengaruh bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Operator Seluler IM3 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADE SUSILO
Perorangan
Renny Rengganis
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini