PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY (Studi pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2012 )

MUHAMMAD IRFAN AZIZ

Informasi Dasar

14.04.956
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tujuan penting pendirian suatu perusahaan adalah untuk menigkatkan kesejahteraan pemegang saham. Corporate social responsibility harus berpijak pada triple bottom line yaitu finansial, social, dan lingkungan seperti yang tertera pada Undang-undang No. 40 pasal 74 tahun 2007 tentang perseroan terbatas yang mewajibkan perseroan yang bisang usahanya di bidang atau terkait dengan bidang sumber daya alam untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Sekitar 70 persen kerusakan lingkungan di Indonesia disebabkan oleh operasi pertambangan yang telah diserahkan kepada korporasi melalui 10.235 izin pertambangan mineral dan batubara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengungkapan corporate social responsibility dan kinerja keuangan perusahaan yang diukur oleh return on assets dan retun on equity serta untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur oleh return on assets dan retun on equity pada subsector pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2012. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar secara konsisten dalam Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2009-2012 yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Corporate social responsibility diukur dengan menggunakan Corporate social responsibility disclousure index yang dikeluarkan oleh Global reporting initiative sementara kinerja keuangan perusahaan diukur oleh Return on assets dan Return on equity. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, dan regresi sederhana. Hasil regresi pertama menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,741 lebih besar dari 0,05 yang berarti bahwa Corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap Return on assets. Sedangkan regresi kedua menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,636 yang berarti bahwa Corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap Return on equity.

Kata kunci : Corporate social responsibility, Kinerja keuangan perusahaan, Return on Assets, Return on Equity

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY (Studi pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2012 )
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRFAN AZIZ
Perorangan
WILLY. S. YULIANDHARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini