PENGARUH AUDIT OPERASIONAL DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT AL ISLAM BANDUNG)

INTAN PERMATA SARI

Informasi Dasar

14.04.949
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Sejalan dengan berkembangnya rumah sakit, maka manajemen dituntut untuk mengelola jalannya kegiatan operasional rumah sakit secara efektif dan efisien. Audit operasional diperlukan dalam pengelolaan pelayanan kesehatan rawat jalan, yaitu dalam menjawab/ mengatasi berbagai persoalan yang muncul pada pelayanan kesehatan rawat jalan. Sementara itu, pengendalian internal diperlukan untuk meminimalisir secara dini tindakan yang akan menyimpang dari jalur pencapaian tujuan rumah sakit. Sehingga pada akhirnya kegiatan audit operasional dan pengendalian internal diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pelayanan kesehatan rawat jalan pada Rumah Sakit Al Islam Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit operasional dan pengendalian internal terhadap efektivitas pelayanan kesehatan rawat jalan Rumah Sakit Al Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif. Populasi dari penelitian ini adalah bagian pelayanan kesehatan rawat jalan dengan sampel 32 orang responden yang terdiri dari perawat pelaksana dan staf. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner dan wawancara, sedangkan data sekunder melalui studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t) Hasil koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 65,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan audit operasional dan pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pelayanan kesehatan rawat jalan, sementara itu secara parsial audit operasional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pelayanan kesehatan rawat jalan dan pengendalian internal berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pelayanan kesehatan rawat jalan. Keywords: Audit Operasional, Pengendalian Internal, Efektivitas

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH AUDIT OPERASIONAL DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT AL ISLAM BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INTAN PERMATA SARI
Perorangan
Norita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini