APLIKASI PENGELOLAAN PENDAPATAN DAN BIAYA DALAM PERHITUNGAN LABA RUGI (STUDI KASUS PADA PT DBM CARGO DI BANDUNG)

BAGUS HARI PRASETYO

Informasi Dasar

14.06.2947
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perusahaan DBM cargo merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang terletak di jalan Soekarno - Hatta No. 447 Kota Bandung melayani pengiriman barang ke beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Perusahaan ini menggunakan bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara awal pengiriman barang ke kota–kota besar tujuan. Perusahaan DBM cargo ini, sistem pencatatan mulai barang datang yang akan di kirim ke kota tujuan masih dilakukan secara manual. Proses pencatatan pengiriman barang dilakukan dengan cara pelanggan datang ke perusahaan DBM cargo, lalu bagian administrasi mencatat data pengiriman barang pada form surat tanda pengiriman barang, Sistem manual pencatatan barang datang ini, mengakibatkan bagian administrasi kebingungan pada saat melakukan pencarian.

Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu aplikasi yang berguna untuk mempermudah perusahaan DBM cargo dalam pengelolaan pencatatan pengiriman barang, pengelolaan pendapatan, menghasilkan catatan transaksi serta perhitungan tingkat rasio keuntungan bersih yang diperoleh perusahaan per bulan. Sehingga dilakukan perancangan aplikasi pada perusahaan DBM cargo untuk membantu meningkatkan kinerja pelayanan dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut.

Perancangan sistem informasi yang digunakan pada aplikasi ini yaitu Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk proses bisnis yang akan dirancang. Aplikasi ini dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Aplikasi ini juga merupakan sebuah media yang mengintegrasikan bagian administrasi pusat, administrasi cabang dan accounting dalam menghasilkan laporan pendapatan, net margin, dan laba rugi serta proses penjurnalan dan penggolongan ke dalam buku besar secara terintegrasi dengan menggunakan modul laporan pendapatan, laporan laba rugi, jurnal dan buku besar.

Kata Kunci: Net Margin Rasio, Form, Accounting

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

APLIKASI PENGELOLAAN PENDAPATAN DAN BIAYA DALAM PERHITUNGAN LABA RUGI (STUDI KASUS PADA PT DBM CARGO DI BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAGUS HARI PRASETYO
Perorangan
asti widayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini