Desain dan Implementasi Sistem Kendali Lengan Robot Secara Nirkabel Berbasis FPGA

MADE ARYA NENGGA UDAYANA

Informasi Dasar

14.04.910
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

    Dewasa ini, penggunaan lengan robot dalam dunia industri telah berkembang pesat. Lengan robot merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menggantikan tugas manusia dalam dunia industri. Selain itu, lengan robot juga dapat menggantikan tugas manusia dalam pekerjaan pekerjaan pada medan yang berbahaya seperti memindahkan zat zat kimia yang berbahaya. Umumnya, digunakan sebuah sistem kendali tertentu untuk meningkatkan tingkat keakuratan dan efektifitas lengan robot dalam pengaplikasiannya. Sistem kendali lengan robot berbasis FPGA masih jarang digunakan. 
Dalam tugas akhir ini, dirancang sebuah sistem kendali lengan robot menggunakan user interface yang digunakan untuk mengendalikan motor servo AX-12+. Perancangan terletak pada desain prototype lengan robot, yang diintegrasikan antara user interface, FPGA-Virtex4, modul bluetooth, dan motor servo AX-12+.    
     Hasil yang didapat dari tugas akhir ini antara lain komunikasi antara GUI, FPGA, dan lengan robot berjalan dengan baik dengan tingkat keberhasilan 91,07% selain itu juga lengan robot dapat bergerak dengan dua derajat kebebasan (atas/bawah dan kiri/kanan) dan dapat bergerak dengan tingkat akurasi yang tinggi. Sedangkan untuk utilisasi dari FPGA, sistem ini hanya menggunakan 683 flip flop dari 21.504 flip flop yang ada pada FPGA, sehingga sistem ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi lebih luas.

Kata kunci : fpga virtex4, modul bluetooth, motor servo ax-12+, user interface

Subjek

ROBOTICS
 

Katalog

Desain dan Implementasi Sistem Kendali Lengan Robot Secara Nirkabel Berbasis FPGA
 
44p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MADE ARYA NENGGA UDAYANA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini