ANALISIS DAN SIMULASI WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN) UNTUK KOMUNIKASI DATA MENGGUNAKAN PROTOKOL ZIGBEE

DWIMA ANGGRAINI

Informasi Dasar

14.04.862
384.545 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penemuan teknologi wireless atau nirkabel memberikan pengaruh yang besar dalam banyak hal, khususnya dalam dunia telekomunikasi. Sejak pertama kali dimunculkan, teknologi wireless terus berkembang pesat hingga memunculkan teknologi – teknologi baru. Salah satunya adalah munculnya teknologi Wireless Sensor Network. Dalam aplikasinya, teknologi WSN ini memerlukan perangkat yang sesuai dengan standar IEEE 802.15.4. Salah satunya adalah perangkat protokol zigbee yang dikembangkan oleh Zigbee Alliance.
Pada tugas akhir ini, akan dilakukan analisis dan simulasi komunikasi data antar node pada WSN menggunakan protokol zigbee. Node zigbee  pada simulasi ini merepresentasikan node sensor dalam jaringan WSN. Simulasi dilakukan menggunakan software OPNET Modeler 14.5. Kemudian dilakukan pengamatan terhadap parameter QoS meliputi Data Dropped, Packet Loss, Delay dan Throughput.
Dari simulasi yang telah dilakukan, didapatkan hasil yaitu nilai data dropped terkecil adalah topologi mesh dengan 3,67 bit/sec. Nilai packet loss terkecil adalah topologi cluster tree sebesar 0,089%. Nilai delay terkecil adalah topologi cluster tree dengan 12,68 ms. Dan nilai throughput terbesar ada pada topologi cluster tree dengan 30,64 kbit/sec. Diantara ketiga topologi, topologi cluster tree memiliki nilai performansi yang lebih baik. Sementara itu topologi star memiliki nilai performansi terkecil diantara ketiga topologi yang digunakan. Jumlah node yang digunakan dalam simulasi ini juga mempengaruhi hasil performansi QoS. 

Kata Kunci : WSN, OPNET Modeler 14.5, QoS, Zigbee

Subjek

WIRELESS - COMMUNICATIONS NETWORKS
 

Katalog

ANALISIS DAN SIMULASI WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN) UNTUK KOMUNIKASI DATA MENGGUNAKAN PROTOKOL ZIGBEE
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWIMA ANGGRAINI
Perorangan
Indrarini Dyah Irawati, Ratna Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini