ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN JASA SHUTTLE TRAVEL TRAYEK JAKARTA-BANDUNG (studi kasus: Cipaganti, Xtrans, BarayaTravel, Cititrans, Daytrans)

DHIKA YASA DINATA CHOLIL

Informasi Dasar

14.04.825
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini akan mengkaji dan menganalisis atribut dan level apa sajakah yang menjadi preferensi konsumen dalam memilih shuttle travel khusus trayek Jakarta-Bandung. Objek studi yang diteliti dalam penelitian ini adalah para penyedia jasa transportasi shuttle travel terbesar yang melayani trayek Jakarta-Bandung dan telah dikenal luas oleh para pengguna jasa shuttle travel ini, seperti: Cipaganti, Xtrans, Baraya Travel, Cititrans, dan Daytrans. Penelitian ini menggunakan analisis konjoin, dimana hasil dari anlisis ini akan didapatkan skor kegunaan (Utility) yang dapat mewakili kepentingan setiap aspek produk, juga memperoleh skor kepentingan (importance), sehingga dari skor tersebut dapat ditarik kesimpulan tentang atribut apa yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih sebuah produk atau jasa. Dengan operasional variabel menggunakan hirarki Kano yang mengkategorian atribut-atribut jasa yang ada menjadi tiga: faktor dasar, faktor kinerja dan faktor atraktif. 400 responden pun diuji sebagai sampel dari objek penelitian pengguna jasa shuttle travel khusus trayek Jakarta-Bandung. Atribut yang mempunyai nilai kepentingan tertinggi sebagai penentu preferensi kepuasan konsumen adalah harga tiket, kemudian kapasitas dari kendaraan yang berhubungan dengan kenyamanan pengguna travel, lalu reservasi yang ditawarkan, lokasi pool dari shuttle travel, hiburan tambahan dalam armada, dan terakhir keamanan armada. Berdasarkan analisis penelitian ini dari 400 responden yang diuji, perusahaan swasta pemilik shuttle travel masih harus memperhatikan atribut harga sebagai preferensi awal konsumen dalam pemilihan shuttle travel, khusus trayek Jakarta-Bandung tiket yang menjadi preferensi adalah Rp70.000, kapasitas kendaraan yang cocok untuk pengguna travel adalah Elf 11 seats, dengan kemudahan reservasi online, pool yang berlokasi di pinggir jalan yang strategis, instalasi perangkat televisi sebagai hiburan tambahan dalam armada dan pemasangan seatbelt sebagai syarat keamanan armada shuttle travel.

Subjek

CONSUMER PREFERENCES
 

Katalog

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN JASA SHUTTLE TRAVEL TRAYEK JAKARTA-BANDUNG (studi kasus: Cipaganti, Xtrans, BarayaTravel, Cititrans, Daytrans)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHIKA YASA DINATA CHOLIL
Perorangan
Osa Omar Sharif
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini