Analisis Komunikasi AntarBudaya Mahasiswa Etnis Batak dan Etnis Sunda (Studi Fenomenologi tentang Peristiwa Tutur antara Mahasiswa etnis Batak dan Etnis Sunda Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom)

MUTIARA PERMATA HATI SUMBUNG

Informasi Dasar

14.04.743
303.482
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perbedaan latar belakang budaya dan bahasa yang kontras antara etnis Batak dan etnis Sunda, terdapat fenomena komunikasi antarbudaya yaitu peristiwa tutur antara mahasiswa etnis Batak dan etnis Sunda yang terdapat di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Tujuan dari penelitian yang bejudul Analisis Komunikasi AntarBudaya Etnis Batak dan etnis Sunda (Studi Fenomenologi tentang Peristiwa Tutur antara Mahasiswa Etnis Batak dan Etnis Sunda Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom) ini adalah mengetahui bagaimana interaksi komunikasi dalam dialek, ragam bahasa, atau gaya bahasa seperti apa dalam budaya yang berbeda. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan fenomenologi dengan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan enam informan mahasiswa yang diambil dari Sekolah Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom dengan etnis yang berbeda, dan terbagi antara tiga informan mahasiswa etnis Batak dan tiga mahasiswa etnis Sunda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan dan persamaan yang dikaji delapan komponen akronim SPEAKING yaitu Setting and scene, Participants, Ends, Act, Key, Instrumentalities, Norms of interaction and interpretation, Genre yang terjadi pada peristiwan tutur antara mahasiswa etnis batak dan mahasiswa etnis Sunda Sekolah Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah perbedaan budaya antara etnis Batak dan etnis Sunda memiliki gaya dan cara bicara yang berbeda, hal ini mempengaruhi persamaan makna sehingga membuat komunikasi menjadi tidak efektif. Kata kunci : Komunikasi AntarBudaya, Peristiwa Tutur

Subjek

INTERCULTURAL COMMUNICATION
 

Katalog

Analisis Komunikasi AntarBudaya Mahasiswa Etnis Batak dan Etnis Sunda (Studi Fenomenologi tentang Peristiwa Tutur antara Mahasiswa etnis Batak dan Etnis Sunda Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA PERMATA HATI SUMBUNG
Perorangan
Syarif Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini