EVALUASI KESIAPAN KARYAWAN KANTOR PUSAT PT.ANEKA TAMBANG (PERSERO) TBK DALAM IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT (Studi Terhadap Keterlibatan Karyawan dalam Knowledge Management SECI Processes)

MADIHAH SALWA

Informasi Dasar

14.04.698
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Knowledge management semakin dikenal di Indonesia mulai tahun 2005. Tujuan utama dalam penerapan knowledge management di Antam adalah untuk mendukung program pembelajaran dan pengembangan human capital serta mewujudkan target knowledge management berada pada tahapan readiness stage di tahun 2013 yang sempat tertunda. Maka diperlukan kesiapan karyawan dalam implementasi knowledge management. Hal ini yang menjadi latar belakang penelitian mengenai kesiapan karyawan kantor pusat Antam dalam implementasi knowledge management. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis mengolah data responden sejumlah 183 orang. Untuk mengetahui apakah bentuk model dan indikator yang digunakan sudah benar dan mampu mengukur kesiapan karyawan, peneliti menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM). Dalam hal ini dilakukan Confirmatory Factor Analysis (CFA) first order construct dan second order construct dengan menggunakan bantuan software SPSS dan AMOS. Variabel yang diteliti adalah kesiapan karyawan melalui sub variabel proses Socialization, Externalization, Combination, Internalization (SECI). Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa karyawan kantor pusat Antam memiliki kesiapan pada kategori yang tinggi dalam implementasi knowledge management yang diukur dari proses socialization, externalization, combination, dan internalization dengan rata-rata presentase kesiapan karyawan dalam implementasi knowledge management sebesar 79,79%. Artinya bahwa karyawan kantor pusat Antam bersedia terlibat dalam aktivitas knowledge management. Bedasarkan hasil penelitian, untuk mencapai readiness stage yang diharapkan Antam pada tahun 2014, maka hal yang perlu diperhatikan oleh Antam adalah meninjau kembali faktor utama lainnya yaitu faktor teknologi dan leadership. Saran kepada peneliti selanjutnya adalah : (i) menggunakan variabel yang berbeda, dan (ii) melakukan penelitian dengan fokus pada bidang yang berbeda

Kata Kunci : Knowledge Management, Kesiapan Karyawan, SECI Proccess

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

EVALUASI KESIAPAN KARYAWAN KANTOR PUSAT PT.ANEKA TAMBANG (PERSERO) TBK DALAM IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT (Studi Terhadap Keterlibatan Karyawan dalam Knowledge Management SECI Processes)
 
73p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MADIHAH SALWA
Perorangan
Ade Irma Susanty
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini