IDENTIFIKASI SUMBER DAYA DAN LINGKUNGAN SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN BISNIS RUMAH KOST BAGI MAHASISWA DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Rumah Kost Di Jalan Tubagus Ismail)

TRESNA MERCYTAWATI GOENANDAR

Informasi Dasar

14.04.671
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan hunian sementara atau rumah kost di lingkungan baru menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Bandung sebagai “Creative City” di bidang pendidikan memiliki banyak perguruan tinggi favorit antara lain di daerah Tubagus Ismail dengan mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia. Peluang tersebut membuat semakin bermunculan dan menjamurnya usaha rumah kost di Bandung. Dalam hal ini, para pengusaha rumah kost harus dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan sumber daya, kondisi lingkungan dan perkembangan bisnis pada usaha rumah kost bagi mahasiswa di Jalan Tubagus Ismail Bandung, variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber daya dengan sub variabelnya financial capital, human capital dan social capital, lalu lingkungan serta pengembangan bisnis dengan sub variabelnya eksistensi, kelangsungan hidup, sukses, tinggal landas dan kematangan sumber daya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus dengan mendeskripsikan suatu objek, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomenal yang diselidiki. Teknik pengumpulan data metode kualitatif menggunakan in depth interview dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa gambaran mengenai sumber daya dengan sub variabel financial capital, human capital dan social capital dan lingkungan pada rumah kost di Jalan Tubagus Ismail sudah dikelola dengan baik. Masing-masing rumah kost memiliki keunggulan dalam fasilitas dan pelayanan dalam menunjang keberlangsungan bisnis, dan pengembangan bisnis yang stabil.

Kata Kunci : Sumber daya, lingkungan, pengembangan bisnis, usaha rumah kost.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
BUSINESS STRATEGY

Katalog

IDENTIFIKASI SUMBER DAYA DAN LINGKUNGAN SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN BISNIS RUMAH KOST BAGI MAHASISWA DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Rumah Kost Di Jalan Tubagus Ismail)
 
82p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRESNA MERCYTAWATI GOENANDAR
Perorangan
Ratna L. Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini