Analisis Preferensi Konsumen Dalam Memilih Provider Kartu GSM Prabayar Di Kota Bandung (Studi Pada: Telkomsel, Indosat, XL dan Tri)

RICKY AFIFFUDDIN B

Informasi Dasar

14.04.621
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ponsel atau telepon seluler telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Data terbaru dari Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) menunjukkan bahwa jumlah pelanggan seluler di Indonesia per tahun 2011 telah mencapai lebih dari 240 juta, naik 60 juta pelanggan dibanding tahun 2010. Angka ini mendekati jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 258 juta penduduk pada Desember 2010. Pelanggan GSM prabayar memiliki porsi paling besar dalam hal penggunaan telepon seluler. Hal yang turut mendorong pesatnya pertumbuhan pengguna telepon seluler di Indonesia adalah upaya para operator telekomunikasi dalam berkompetisi untuk menarik pelanggan, baik dalam hal harga maupun dalam hal penyediaan fitur-fitur dengan nilai tambah. Jesie (2011) mengatakan untuk memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, hal utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah kepuasan pelanggan. Setiap perusahaan harus mampu menyediakan produk sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk itu dipilih atribut layanan telekomunikasi yang terdiri dari biaya, kualitas panggilan, fasilitas pendukung, jangkauan sinyal dan customer care untuk menentukan bagaimana preferensi konsumen dalam memilih kartu GSM prabayar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis konjoin dengan bantuan SPSS. Atribut dan taraf dibuat secara orthogonal dengan bantuan SPSS dan kemudian menghasilkan stimuli yang nantinya akan dijadikan kuesioner. Obyek dalam penelitian ini adalah masyarakat Bandung yang menggunakan kartu GSM prabayar. Analisis konjoin bertujuan untuk memperoleh nilai utilitas dan nilai kepentingan yang dapat mewakili setiap aspek produk sehingga dapat ditarik kesimpulan tentang atribut apa yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih suatu produk.

Dari hasil penelitian diperoleh nilai kepentingan dan nilai utilitas dari setiap atribut. Atribut biaya memiliki nilai kepentingan 8,648. Atribut kualitas panggilan memiliki nilai kepentingan 24,667. Atribut fasilitas pendukung memiliki nilai kepentingan 21,296. Atribut jangkauan sinyal memiliki nilai kepentingan 15,778. Atribut customer care memiliki nilai kepentingan 29,611. Kesimpulan penelitian ini adalah konsep kartu GSM prabayar yang diinginkan oleh pengguna provider. Berdasarkan analisis seluruh responden dalam penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan yaitu konsumen menginginkan pelayanan customer care yang baik yaitu pelayanan yang cepat tanggap dan informasi yang dapat dimengerti, kualitas panggilan telepon dengan suara yang jelas (jernih), fasilitas pendukung yang memadai, jangkauan sinyal telekomunikasi yang luas yaitu mencakup semua area dan tarif pemakaian jasa telekomunikasi dengan biaya yang rendah (murah).

Kata kunci: Preferensi, GSM Prabayar, Konjoin, Telekomunikasi

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
PREFERENCE

Katalog

Analisis Preferensi Konsumen Dalam Memilih Provider Kartu GSM Prabayar Di Kota Bandung (Studi Pada: Telkomsel, Indosat, XL dan Tri)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RICKY AFIFFUDDIN B
Perorangan
Elvira Azis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini