ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NET INTERST MARGIN, DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2012.

YUSUP SUDARWANTORO

Informasi Dasar

14.04.605
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank adalah lembaga keuangan yang berfungsi sebagai perantara keuangan. Bank menerima simpanan uang dari masyarakat dan selanjutnya menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Bank berperan untuk meningkatkan pembangunan suatu Negara. Kredit yang disalurkan bank tersebut merupakan peranan bank untuk meningkatkan pembangunan seperti kredit investasi, kredit modal kerja, kredit perdagangan, kredit konsumsi, dan kredit produktif. Dengan adanya produk tersebut maka akan membantu pelaku bisnis untuk lebih produktif dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Tujuan utama operasional bank adalah mencapai tingkat profitabilitas yang maksimal. Return on Asset (ROA) merupakan ratio profitabilitas yang sesuai untuk melihat kemampuan manajemen bank dalam memanfaatkan asetnya untuk menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return on Asset (ROA) perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2012 secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi data panel dan menggunakan model Fixed Effect. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara secara simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel Return on Asset. Sedangkan secara parsial variabel Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, dan Net Interest Margin memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel Return on Asset, tetapi variabel Non Performing Loan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Return on Asset. Selain itu, penelitian ini menghasilkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,489834 yang berarti bahwa variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 48,9834% sedangkan sisanya 51,0166% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Kata kunci : Return on Assets (ROA), Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Non Performing Loan (NPL), Bank, Regresi Data Panel.

Subjek

FINANCIAL ANALYSIS
BANK

Katalog

ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NET INTERST MARGIN, DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2012.
 
57p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUSUP SUDARWANTORO
Perorangan
Norita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini