STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU DALAM TAHAPAN SOSIALISASI GUNA MEMBANGUN LITERASI MEDIA DI INSTITUSI PENDIDIKAN DI KARAWANG (Studi Kasus Sosialisasi Literasi Media KPID Jawa Barat Di Karawang)

PUJI LUKLUK NURBAITI

Informasi Dasar

14.04.536
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul “strategi komunikasi pembelajaran guru dalam tahapan sosialisasi guna membangun literasi media di institusi pendidikan di karawang (Studi Kasus Sosialisasi Literasi Media KPID Jawa Barat Di Karawang), dengan fokus permasalahan pada bagaimana tahapan KPID Jawa barat dalam melakukan sosialisasi di Karawang serta bagaimana strategi yang digunakan para guru dalam menyampaikan materi sosialisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan riset studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumenter serta studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah 2 orang komisioner KPID Jawa Barat, 5 orang guru peserta sosialisasi dan satu orang murid peserta sosialisasi. Hasil penelitian ini adalah materi sosialisasi yang dilaksanakan KPID telah sesuai dengan tahapan literasi media. Sementara evaluasi terhadap sosialisasi pada saat kegiatan berlangsung terlihat sukses terbukti dari banyaknya pertanyaan dari peserta. Sementara evaluasi setelah sosialisasi di Karawang belum terlihat karena terdapat beberapa alat pemantau milik KPID Jawa Barat yang mengalami kerusakan. Kemudian dalam penerapannya, para guru peserta sosialisasi melakukan beberapa strategi pembelajaran dalam menyampaikan materi sosialisasi KPID Jawa barat, yaitu strategi guru sebagai penceramah, guru sebagai manajer dan guru sebagai koordinator & inovator. Dalam penggunaanya, strategi ceramah adalah yang paling sering digunakan. Para guru peserta sosialisasi pun telah melakukan perubahan perilaku terhadap media massa terbukti dari telah adanya aduan dari para peserta sosialisasi kepada KPID Jawa Barat.

Kata kunci: KPID Jawa barat, Sosialisasi, Literasi media, strategi pembelajaran

Subjek

MEDIA LITERACY
 

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU DALAM TAHAPAN SOSIALISASI GUNA MEMBANGUN LITERASI MEDIA DI INSTITUSI PENDIDIKAN DI KARAWANG (Studi Kasus Sosialisasi Literasi Media KPID Jawa Barat Di Karawang)
 
124p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUJI LUKLUK NURBAITI
Perorangan
Reni Nuraeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini