PENGARUH DIMENSI PRODUCT PLACEMENT DALAM DRAMA KOREATERHADAP MINAT BELI KONSUMEN(STUDI PADA PENGGEMAR DRAMA KOREA DI INDONESIA TAHUN 2013)

Selly Angriani Putri

Informasi Dasar

14.04.469
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pemasar umumnya menggunakan iklan sebagai salah satu strategi untuk menginformasikan, membujuk maupun mengingatkan produk mereka kepada konsumen maupun calon konsumennya, tetapi efektifitas iklan saat ini mulai berkurang karena konsumen cenderung mengabaikan iklan tersebut. Iklan alternatif bagi pemasar salah satunya adalah product placement. Product placement adalah sebuah aktivitas komunikasi pemasaran dengan mempromosikan dan menempatkan sebuah merek melalui film, program-program TV, dan berbagai media entertainment lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan minat beli konsumen. Berkembangnya budaya Korea di dunia, telah menjadikan Drama Korea sebagai salah satu media product placement bagi berbagai merek produk. Hal ini yang menjadi latar belakang untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh product placement terhadap minat beli konsumen pada produk yang muncul dalam Drama Korea. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kausal dengan mengikutsertakan 203 responden penggemar drama Korea dari seluruh Indonesia Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh product placement terhadap minat beli konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Variabel yang diteliti adalah product placement sebagai variabel laten eksogen dan minat beli konsumen sebagai variabel laten endogen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (i) responden memiliki tanggapan yang baik terhadap strategi penggunaan product placement dalam Drama Korea (ii) minat beli konsumen terhadap produk yang menggunakan strategi product placement juga dinilai baik (iii) Secara keseluruhan hasil pengolahan data, variabel product placement mempunyai pengaruh yang positif dan nyata terhadap minat beli konsumen sebesar 43,3%.

Kata Kunci : Product Placement, Minat Beli Konsumen, Structural Equation Model

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
MARKETING COMMUNICATION, ADVERTISING

Katalog

PENGARUH DIMENSI PRODUCT PLACEMENT DALAM DRAMA KOREATERHADAP MINAT BELI KONSUMEN(STUDI PADA PENGGEMAR DRAMA KOREA DI INDONESIA TAHUN 2013)
 
ix, 66p.: il.; 29,5cm + lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Selly Angriani Putri
Perorangan
Eka Yuliana
 

Penerbit

FEB, Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini