Makna Dewasa dalam Iklan Three Indie+ (Analisis Semiotika Iklan Three Indie+ Versi Anak Cowok di Televisi)

RICKI HERMANTO

Informasi Dasar

14.04.452
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia periklanan yang ditayangkan melalui media televisi terutama iklan Three Indie+ versi anak cowok. Iklan ini mengemas sebuah pesan melalui kode-kode yang diolah secara kreatif dan unik. Pemilihan konsep yang menggunakan sosok anak kecil melontarkan kalimat-kalimat mengenai kenyataan yang dirasakan oleh orang dewasa menghasilkan kecenderungan perhatian khalayak yang hanya menyoroti mengenai fakta kehidupan orang dewasa, penulis merasa perlu adanya penjabaran mengenai makna dewasa yang diangkat oleh iklan Three Indie+ yang disandingkan dengan makna dewasa yang sesungguhnya yang terjadi di sekitar kehidupan nyata. Sehingga tidak akan adanya kesalahpahaman pandangan, baik oleh orang dewasa itu sendiri maupun oleh anak-anak yang menonton tayangan iklan Three Indie+.

Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis merumuskan masalah yaitu, bagaimana pemaknaan denotasi, konotasi serta mitos yang terdapat pada iklan Three Indie+ Versi Anak Cowok dilihat dengan analisis semiotika Roland Barthes?

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif konstruktivis dengan pendekatan analisis semiotik. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data primer: data yang diperoleh dari rekaman iklan Three Indie+ Versi Anak Cowok di Televisi. Jenis data Sekunder: data yang diperoleh dari studi kepustakaan, informasi media massa yang berhubungan dengan objek penulisan ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis semiotik Roland Barthes. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah iklan Three Indie+ Versi Anak Cowok di Televisi yang akan dibahas lambang-lambang komunikasi setiap scene yang mendukung terbentuknya makna iklan tersebut, sehingga akan diperoleh makna denotasi, konotasi dan mitos.

Berdasarkan visualisasi audio dan visual yang kemudian dilakukan analisis setiap scene mengenai lambang-lambang komunikasi iklan Three Indie+ Versi Anak Cowok di Televisi, kesimpulan yang diperoleh dari iklan tersebut adalah: dalam iklan yang dianalisis, makna denotasi dan konotasi yang tergambar merupakan sebuah kegiatan natural dari anak-anak yang mengungkapkan pandangan mereka terhadap orang dewasa. Mitos yang terungkap pada iklan ini tidak sepenuhnya benar karena anak-anak hanya mempunyai pengertian sederhana mengenai kenyataan sosial dan fisik. Terdapat tiga poin yang tersimpulkan melalui mitos yang digambarkan dalam iklan iklan Three Indie+ Versi Anak Cowok di Televisi mengenai pekerjaan orang dewasa, yaitu minat pekerjaan, profesionalisme, dan penghasilan.

Kata kunci: Iklan, Semiotika, Roland Barthes, Dewasa

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

Makna Dewasa dalam Iklan Three Indie+ (Analisis Semiotika Iklan Three Indie+ Versi Anak Cowok di Televisi)
 
153p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RICKI HERMANTO
Perorangan
Ratih Hasanah
 

Penerbit

Universitas Telkom, Ilmu Komunikasi
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini