STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (KICK) DALAM MENINGKATKAN BRAND EQUITY (STUDI DESKRIPTIF PADA EVENT KICKFEST INDONESIA 2013 DI KOTA BANDUNG)

Angeline Stella Ventari Kewakuma

Informasi Dasar

14.04.436
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini mengangkat tema tentang “Strategi Komunikasi Pemasaran KICK dalam Meningkatkan Brand Equity (Studi Deskriptif pada event Kickfest Indonesia 2013 di kota Bandung) oleh Angeline Stella Ventari Kewakuma dengan NPM 1204100037 jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Telkom. Kickfest Indonesia 2013 dikota Bandung dipilih sebagai objek penelitian karena Kickfest merupakan event clothing expo dengan produk industry lokal yang bertujuan untuk menguatkan diri dari ancaman perdagangan bebas dan memiliki pengunjung dengan jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan event lainnya di kota Bandung. Untuk menjawab pertanyaan tentang tema yang diangkat, maka dibuatlah sub fokus yaitu strategi komunikasi pemasaran dan proses meningkatkan brand equity. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu wawancara mendalam dengan jumlah informan sebanyak 12 orang dan observasi partisipatif, sedangkan data sekunder yaitu dokumentasi, dokumen internal, penelusuran melalui online. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu collecting, data reduction, data display, verification dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak KICK antara lain personal selling dengan penggunaan tenaga Kickfest’s Girl dan show dari Live Printing, sales promotion dengan sistem tiket pre-sale dan Kickfest’s mobile, dari sisi marketing public relations dengan melakukan media gathering dan press conference. Selain bertujuan untuk promosi dan meningkatkan ekuitas merek Kickfest, adapun yang dilakukan oleh KICK ialah menumbuhkan jiwa entrepeneurship dan mengajarkan tentang bagaimana cara mengorganisir sebuah event kepada generasi muda yang dilakukan melalui road show ataupun workshop yang dilakukan di SMAN 1, SMA 24, Universitas Islam Bandung, Universitas Widya Tama, dan STT.Tekstil. Sarana komunikasi pemasaran Kickfest juga menggunakan media digital seperti Twitter dengan jumlah follower 75.524 dan Facebook dengan 96.604 likes fans page. Selain untuk lebih mengenalkan industri lokal, Kickfest wadah untuk band indie lokal serta komunitas-komunitas seperti yoyo, pedals car club, Bandung BMX, Bike.bdg untuk lebih dapat dikenal di masyarakat. Simpulan mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak KICK dalam meningkatkan brand equity Kickfest berdampak dengan adanya peningkatan jumlah pengunjung di tahun ini, serta memiliki konsumen yang loyal pula. Hanya saja diperlukan peninjuan kembali dalam pemfokusan isi pesan karena target pasar dari Kickfest tidak hanya untuk anak muda, dan lebih berkontinuitas dalam melakukan kegiatan pemasaran agar lebih melekat merek Kickfest di benak konsumen. Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Equity, Event

Subjek

COMMUNICATION IN MARKETING
BRAND EQUITY

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (KICK) DALAM MENINGKATKAN BRAND EQUITY (STUDI DESKRIPTIF PADA EVENT KICKFEST INDONESIA 2013 DI KOTA BANDUNG)
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Angeline Stella Ventari Kewakuma
Perorangan
Arie Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini