FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tigaraksa)

Galih Permana

Informasi Dasar

14.04.350
336.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pajak sangat penting bagi pembangunan negara karena pajak memberikan kontribusi terbesar bagi penerimaan negara. Jumlah Wajib Pajak dari tahun ke tahun semakin bertambah. Namun bertambahnya jumlah Wajib Pajak tersebut tidak diimbangi dengan kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak. Masalah kepatuhan menjadi hambatan dalam mengoptimalkan penerimaan pajak. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan menggunakan beberapa variabel bebas seperti Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Mengenai Peraturan Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mengenai kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman mengenai peraturan perpajakan, pelayanan fiskus, dan kepatuhan Wajib Pajak serta mengetahui pengaruhnya baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Tigaraksa dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial berpengaruh antara Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Mengenai Peraturan Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Secara simultan menunjukkan bahwa Pengetahuan atas Sanksi Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Membayar Pajak berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Subjek

TAXES
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tigaraksa)
 
129p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Galih Permana
Perorangan
Yane Devi Anna
 

Penerbit

Universitas Telkom, Akuntansi
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini