PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2012)

Rizka Amelia

Informasi Dasar

14.04.341
658.155 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Salah satu tujuan penting pendirian suatu perusahaan adalah untuk memperoleh keuntungan. Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan merupakan salah satu bentuk kepedulian sebuah perusahaan terhadap lingkungan. Saat ini CSR bertujuan untuk memaksimalkan laba tetapi juga dituntut untuk lebih mengakomodasi kebutuhan masyarakat dengan stakeholder-nya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh CSR secara simultan dan parsial terhadap profitabilitas perusahaan yang dihitung dengan return on asset (ROA). Biaya bina lingkungan, biaya kesejahteraan karyawan dan biaya kemitraan sebagai indikator corporate social responsibility. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2012, dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 5 perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan bahwa corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan secara parsial bahwa biaya bina lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, biaya kesejahteraan tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dan biaya kemitraan berpengaruh signifikan terhadap ROA. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan perusahaan memperhatikan biaya yang dikeluarkan untuk program kemitraan karena biaya kemitraan yang dikeluarkan berdampak pada kenaikan return on asset perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, profitabilitas, return on asset.

Subjek

PROFITABILITY
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, RETURN ON ASSET

Katalog

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2012)
 
viii, 90p.: il.; 29,5cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizka Amelia
Perorangan
Sri Rahayu
 

Penerbit

FEB Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini