IDENTIFIKASI PENERAPAN DIMENSI TIMMONS MODEL PADA SOCIOPRENEUR SEBAGAI BASIS MENUJU HYBRID MODEL SOCIAL ENTREPRENEURSHIP (Studi Kasus Pada Figur Amilia Agustin di Kota Bandung)

Dani Kurniawan

Informasi Dasar

14.04.302
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu masalah lingkungan yang dihadapi Indonesia adalah tingginya volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat per harinya. Bandung menjadi sebagai salah satu kota penghasil sampah terbanyak dengan 6.915 m3 sampah per harinya. Banyaknya sampah yang diproduksi ini tidak diimbangi dengan kapasitas penampungan dan pengolahan yang memadai. Salah satu alternatif perbaikan dalam menyelesaikan permasalahan sampah ini yaitu dapat dilakukan melalui peran tangan-tangan sociopreneur yang memiliki ide-ide kreatif seperti yang telah dilakukan oleh Amilia Agustin. Sociopreneur adalah orang-orang yang memiliki ide-ide baru untuk mengatasi berbagai masalah di sektor sosial dengan mengusahakan peluang-peluang baru guna menjamin misi sosial yang akan dituju.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dimensi timmons modelyaitu, opportunity, resources, dan team pada sociopreneur sebagai basis menuju hybrid model social entrepreneurship. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif murni dengan studi kasus.Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan observasi dan wawancara dengan Amilia Agustin selakusociopreneur yang bergerak dalam masalah lingkungan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Amilia sebagai sociopreneur telah mampu menerapkan tiga dimensi utama dari Timmons Model yaitu, opportunity, resources, dan team. Hal tersebut memunculkan peluang dan tantangan dalam rangka membentuk sebuah usaha berbasis hybrid model social entrepreneurship. Saran yang diajukan bagi Amilia agar dapat membentuk sebuah usaha berbasis hybrid model social entrepreneurship yaitu, membentuk tim manajemen yang solid dengan tugas dan perananya secara jelas, membuat bank sampah yang terintegrasi dengan usaha pengolahan sampah, mencari sponsorship berskala besar, membuat website e-commerce, pemanfaatan media sosial (facebook, twitter, instagram, dll.), membuat workshop perusahaan, membuat sebuah yayasan, membuat sekolah / PAUD berwawasan lingkungan.

Kata kunci: sociopreneur, timmons model, hybrid model social entrepreneurship, opportunity, resources, team

Subjek

SOCIAL ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

IDENTIFIKASI PENERAPAN DIMENSI TIMMONS MODEL PADA SOCIOPRENEUR SEBAGAI BASIS MENUJU HYBRID MODEL SOCIAL ENTREPRENEURSHIP (Studi Kasus Pada Figur Amilia Agustin di Kota Bandung)
 
63p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dani Kurniawan
Perorangan
Ratna L. Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini