Pengaruh Dimensi User Experience Terhadap E-Loyalty ( Studi Pada Pengguna Situs Tokobagus.com di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Semarang )

ASRI FITRIYANI

Informasi Dasar

14.04.280
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Potensi e-commerce di Indonesia masih sangat besar. Salah satu faktor yang dapat membuat situs e-commerce sukses adalah user experience, yang nantinya akan berdampak jangka panjang dengan e-loyalty pengguna situs. Ketika pengguna situs mengalami experience yang baik, mereka akan menggunakan atau mengunjungi kembali situs tersebut dan berencana akan membeli produk yang ditawarkan di masa yang akan datang. Pengguna yang memiliki kemauan seperti itu menunjukkan bahwa mereka telah memiliki e-loyalty terhadap situs tersebut. Salah satu situs e-commerce yang sukses dan memiliki user experience yang baik bagi penggunanya adalah situs Tokobagus.com. Hal inilah yang menjadi latar belakang peneliti untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh dimensi user experience terhadap e-loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana effort, usability, power, persuasion dan brand perception pengguna situs Tokobagus.com serta untuk mengetahui kelima variabel user experience tersebut terhadap e-loyalty pengguna situs Tokobagus.com di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiasi kausal dengan menyebarkan kuesioner kepada 580 responden. Data penelitian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Sedangkan dalam proses pengolahan data menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS 17 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara simultan user experience mempunyai pengaruh sebesar 42,6% terhadap e-loyalty pengguna situs Tokobagus.com. Sedangkan secara parsial diketahui bahwa dari kelima variabel user experience terdapat satu variabel yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap e-loyalty, yaitu variabel usability. Dari keempat variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap e-loyalty, variabel brand perception memiliki pengaruh paling besar yaitu sebesar 25,22%. Dapat diartikan bahwa faktor utama para responden akan mengunjungi kembali Tokobagus.com atau berencana akan membeli produk yang ditawarkan situs tersebut di masa yang akan datang, karena situs Tokobagus.com memiliki brand perception yang baik dibenak mereka.

Keywords : user experience, pengalaman pengguna, e-commerce experience, e-loyalty, five dimensions of user experience, successful e-commerce sites.

Subjek

CONSUMER LOYALTY
E-COMMERCE

Katalog

Pengaruh Dimensi User Experience Terhadap E-Loyalty ( Studi Pada Pengguna Situs Tokobagus.com di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Semarang )
 
xvii, 135p.; il.: 29,5cm. + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASRI FITRIYANI
Perorangan
Andry Alamsyah
 

Penerbit

FEB, Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini