PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, STRUKTUR KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012)

Annisa Ratna Pertiwi

Informasi Dasar

14.04.235
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam perekonomian modern, manajemen, dan pengelolaan perusahaan semakin banyak dipisahkan dari kepemilikan perusahaan atau disebut teori keagenan. Perilaku manipulasi atau manajemen laba oleh pihak manajemen berawal dari konflik kepentingan antara pihak manajemen dan pemilik perusahaan. Manajemen laba merupakan suatu intervensi dengan tujuan tertentu dalam proses pelaporan keuangan eksternal, untuk memperoleh beberapa keuntungan privat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh asimetri informasi, struktur kepemilikan manajerial, dan leverage terhadap manajemen laba baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan kausatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan mengunakan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda menggunakan data panel. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa asimetri informasi, struktur kepemilikan manajerial, dan leverage berpengaruh signifikan sebesar 80,1274% terhadap variabel manajemen laba, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Secara parsial menunjukkan bahwa asimetri informasi berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan struktur kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan farmasi yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012.

Kata Kunci: Manajemen laba, Asimetri Informasi, Struktur Kepemilikan Manajerial, dan Leverage.

Subjek

PROFIT MANAGEMENT
FINANCIAL MANAGEMENT, CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE

Katalog

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, STRUKTUR KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012)
 
xii, 128p.: il.; 29,5 cm. +Lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Annisa Ratna Pertiwi
Perorangan
Willy Sri Yuliandhari, SE., MM., Ak
 

Penerbit

FEB, Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini