Batik : Warisan Adiluhung Nusantara

Asti Musman

Informasi Dasar

B006714
746.662
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
24

Batik, adalah warisan adiluhung bagi Bangsa Indonesia yang sudah mendunia. Batik merupakan perpaduan antara seni (art) dan kerajinan (craft) pada kain dengan menggunakan teknik pelapisan lilin secara tradisional

Dari manakah terminologi Batik berasal? Batik, merupakan rangkaian kata ‘mbat’ dan ‘tik’.‘Mbat’ dalam bahasa Jawa diartikan sebagai ‘ngembat’ atau melempar berkali-kali, sedangkan ‘tik’ berasal dari kata titik. Jadi, membatik berarti melempar titik-titik yang banyak dan berkali-kali pada kain. Sehingga akhirnya bentuk-bentuk titik tersebut berhimpitan menjadi bentuk garis. Menurut seni rupa,garis adalah kumpulan dari titik-titik. Selain itu batik juga berasal dari kata ‘mbat’ adalah kependekan dari kata membuat, sedangkan ‘tik’ adalah titik. Ada juga yang berpendapat bahwa batik berasal dari gabungan dua kata bahasa jawa:“amba” yang bermakna menulis dan“ titik” yang bermakna “titik”.

Buku Batik: Warisan Adiluhung Nusantara ini sarat dengan berbagai kajian tentang batik. Dimulai dengan sejarah Batik, makna filosofis batik, proses pembuatan batik, hingga ragam batik dalam pola dan motif.

Buku ini menjadi semakin menarik dengan dibahasnya berbagai tempat belanja dan wisata batik secara lengkap, mulai dari kotaYogyakarta, Bantul, Kulonprogo, Solo, Sragen, Pekalongan, Pati hingga Jakarta. Dengan demikian, buku ini bisa diandalkan sebagai panduan berwisata dan berbelanja batik.

Subjek

BATIK ARTS
 

Katalog

Batik : Warisan Adiluhung Nusantara
978-979-29-2240-0
186p.; il.; 25 cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Asti Musman
Perorangan
 
 

Penerbit

G-Media
Yogyakarta
2011

Koleksi

Kompetensi

  • TCG2C3 - CELUP RINTANG
  • TCG3L2 - KERJA PROFESI
  • TCG4A5 - KTM 5 FUTURE FASHION
  • TCH2J3 - CELUP RINTANG
  • CIH4B2 - KERJA PROFESI
  • TCH4A5 - KTM 5 FUTURE FASHION
  • DKI1E2 - STUDI PROFESI KRIYA TEKSTIL DAN FASHION

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini