Islam Rahmatan Lil Alamin

Deden Syarif Hidayatulloh, et al.

Informasi Dasar

27 kali
24.01.1005
297
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6a

Rahmatan lil’alamin adalah sebuah istilah di dalam Al-Qur’an yaitu sebagaimana firman Allah dalam SuratAl-Anbiya:107:“Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam (rahmatan liralamin)”.Ayat tersebut menegaskan bahwa,jika Islam dijalankan secara benar, makadengan sendirinya akan mendatangkan rahmat, baik itu untuk orangIslam maupun untuk seluruh alam. Rahmat adalah karunia yang dalam ajaran agama terbagi menjadi dua: rahmat dalam konteks rahman dan rahmat dalam konteks rahim. Rahmat dalam konteks rahman mencakup segala hal, sehingga orang-orang nonmuslim pun merasakan kearah mana Allah Swt. Sedangkan rahim adalah rahmat Allah yang hanya di berikanhanya kepada orang Islam.

Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa rahmatan lil’alamin adalah bersatunya karunia Allah yang terlingkup di dalam kerahiman dan kerahmanan Allah.Dalam konteksini,Islam telah mengatur tata hubungan menyangkut aspek teologis, ritual, sosial, dan humanitas.Dalam segi teologis, Islam memberi rumusan tegas yang harus diyakini oleh setiap pemeluknya,tetapi hal ini tidak dapat dijadikan alasan untuk memaksa nonmuslim memeluk agama Islam. Begitupula dalam tataran ritual yang memang sudah ditentukan dalam Al-Qur’an danhadis nabi.

Buku ini memuat:Bab terkait akidah islamiyah;urgensi agama Islam;sumber hukum Islam;hakikat manusia;syarah syahsiyah;ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS);ekonomi Islam membentuk keluarga Islami; ghazwul fikri; politik dan masyarakat madani; masjid dan dakwah;akhlak;etika profesi, etos kerja, dan entepreneurship dalam Islam

Subjek

Islam philosophy
 

Katalog

Islam Rahmatan Lil Alamin
978-623-180-963-6
240p.: ill.; 25 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Deden Syarif Hidayatulloh, et al.
Perorangan
 
 

Penerbit

Erlangga
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini