IMPLEMENTASI SIABDes TAXion UNTUK PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI SAK EMKM, SERTA PELAPORAN PPH 21 DAN PPN PADA BUMDES MELATI CIPAGALO DESA CIPAGALO, KECAMATAN BOJONGSOANG, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SITI NURAZIZAH TRIHAPSARI

Informasi Dasar

10 kali
24.04.3184
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendapatan Asli Desa merupakan suatu unsur pendapatan Desa yang berguna dalam mendukung kemandirian APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). Alokasi dari dana hibah pemerintah pusat ke desa berupa Dana Desa yang dapat dimanfaatkan  juga sebagai dana penyertaan Desa ke dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah dibentuk sehingga dibutuhkannya laporan pertanggungjawaban seperti laporan keuangan dan perpajakan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan dan aturan perpajakan yang berlaku.

Laporan kegiatan WRAP Entrepreneurship ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang proses implementasi SIABDes TAXion kepada BUMDes Melati Cipagalo dalam penyajian laporan keuagan sesuai Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM), serta pelaporan PPh 21 dan PPN. SIABDes TAXion menerapkan kebijakan akuntansi sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) serta aturan perpajakan terbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan menggunakan kuesioner kepada pengelola BUMDes.

Hasil dari kegiatan WRAP Entrepreneurship ini menunjukkan bahwa penerapan SIABDes TAXion pada BUMDes Melati Cipagalo mampu menjadi alat bantu dalam mendukung penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) serta laporan PPh 21 dan PPN sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga output yang dihasilkan meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan BUMDes. SIABDes TAXion memiliki beberapa keunggulan seperti user friendly, otomatisasi, pemantauan secara real-time yang dapat memudahkan penggunannya dalam proses pengoperasian serta output yang siap pakai kapan saja.

Laporan kegiatan WRAP Entrepreneurship diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam pengembangan SIABDes TAXion kedepannya serta dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pengelola BUMDes dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya penyajian laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan serta PPh 21 dan PPN dengan penggunaan SIABDes TAXion.
 
Kata Kunci : BUMDes, laporan keuangan, PPh 21, dan PPN.
 
 
 
 

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

IMPLEMENTASI SIABDes TAXion UNTUK PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI SAK EMKM, SERTA PELAPORAN PPH 21 DAN PPN PADA BUMDES MELATI CIPAGALO DESA CIPAGALO, KECAMATAN BOJONGSOANG, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xv,79p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI NURAZIZAH TRIHAPSARI
Perorangan
Galuh Tresna Murti, Koenta Adji Koerniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI2P4 - IMPLEMENTASI PERPAJAKAN
  • EAI1L3 - PERPAJAKAN
  • ACH2F4 - SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini