Desain Rectangular Microstrip Antena dan Penyearah Greinacher sebagai alat pendukung pembelajaran rectenna dan RF-WPT (Radio Frequency - Wireless Power Transfer) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MARCELINO CHRISTIAN PERMANA PUTRA

Informasi Dasar

53 kali
24.04.2412
621.384
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wireless Power Transfer (WPT) adalah teknologi yang berkembang pesat dengan aplikasi yang luas dalam berbagai bidang, termasuk peralatan rumah tangga, alat kedokteran, dan Internet of Things (IoT). Implementasi WPT, khususnya dalam IoT, menjanjikan, tetapi memerlukan pemahaman mendalam mengenai aspek teknis seperti frekuensi, antena, microstrip antenna, rectenna, analisis gelombang elektromagnetik, dan konversi RF ke DC. Kurikulum teknik komputer saat ini sering kurang memberikan penekanan pada topik-topik ini, sehingga menyulitkan mahasiswa untuk memahami konsep-konsep tersebut sepenuhnya.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun alat peraga yang terdiri dari antena microstrip rectangular dan Penyearah Greinacher sebagai sarana pembelajaran rectenna dan RF-WPT. Alat ini dirancang untuk bekerja pada frekuensi 500 MHz dengan menggunakan Handy Talky (HT) sebagai pemancar. Parameter keberhasilan utama yang ingin dicapai adalah pencapaian gain antena positif (>0 dB), VSWR ? 2, dan return loss lebih kecil dari -10 dB pada frekuensi kerja. Selain itu, efektivitas alat peraga sebagai media pembelajaran dievaluasi dengan mengukur peningkatan pemahaman mahasiswa melalui tes tertulis dan praktis sebelum dan sesudah penggunaan alat peraga.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alat peraga yang dirancang berhasil mencapai gain antena sebesar -8,4 dBi, return loss sebesar -9,5 dB, dan VSWR sebesar 1,9. Pengujian terhadap efektivitas alat ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa, yang diukur melalui peningkatan nilai rata-rata dari pre-test ke post-test. Alat ini juga mampu menyalakan LED pada jarak hingga 50 cm dari HT, menunjukkan bahwa alat ini dapat berfungsi dengan baik sebagai sarana pembelajaran tentang rectenna dan RF-WPT.
 

Subjek

WIRELESS POWER TRANSFER
 

Katalog

Desain Rectangular Microstrip Antena dan Penyearah Greinacher sebagai alat pendukung pembelajaran rectenna dan RF-WPT (Radio Frequency - Wireless Power Transfer) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARCELINO CHRISTIAN PERMANA PUTRA
Perorangan
Mohammad Yanuar Hariyawan, Eka Sari Oktarina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer - Kampus Surabaya
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • CEC22A5 - ELEKTRONIKA
  • CEC11E3 - FISIKA
  • CEC30K3 - JARINGAN NIRKABEL
  • CEC11C2 - KONSEP PENGEMBANGAN SAINS DAN TEKNOLOGI
  • CEC21B5 - RANGKAIAN LISTRIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini