ANALISIS DAN OPTIMASI JARINGAN TELEKOMUNIKASI FIBER TO THE HOME (FTTH) MENGGUNAKAN METODE POWER LINK BUDGET DI PERUMAHAN CENTRAL PARK KOTA SURABAYA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

TASYA AMALIA

Informasi Dasar

37 kali
24.04.2041
621.3692
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada zaman sekarang kebutuhan sarana telekomunikasi, informasi serta hiburan yang dapat diterima dan memiliki performasi yang tinggi sangat dibutuhkan. FTTH menawarkan berbagai keuntungan, implementasinya masih memerlukan biaya yang tinggi untuk penyebaran serat optik hingga ke setiap rumah atau gedung. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan penurunan biaya peralatan, FTTH semakin menjadi pilihan yang lebih terjangkau dan menarik bagi banyak penyedia layanan internet di seluruh dunia.
Untuk memenuhi hal tersebut maka diperlukan jaringan yang mampu mendukung performansi tersebut. Berdasarkan pada permasalahan yang sudah disebutkan, maka penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mensimulasikan performasi jaringan telekomunikasi Fiber to the Home (FTTH) di Perumahan Central Park Kota Surabaya. Fiber To The Home (FTTH) merupakan sebuah tekonologi telekomunikasi yang baru dengan menggunakan jaringan kabel serat optic sampai di rumah pelanggan. Kecepatan jaringan FTTH tidak seterusnya lancar, diperlukan pengujian seperti pengukuran daya salah satunya dengan perhitungan Link Budget supaya hasil instalasi sesuai dengan yang diharapkan.
Setelah perhitungan dan simulasi power link budget menggunakan Optisystem, hasil awal -36,327 dBm (jarak terjauh) dan -32,311 dBm (jarak terdekat) hasil tersebut tidak memenuhi standar PT. Telkom dan ITU-T maka tersebut perlu dilakukan optimasi. Setelah dilakukan optimasi, hasilnya layak dengan -18,437 dBm (jarak terjauh) dan -18,211 dBm (jarak terdekat) hasil tersebut memenuhi batas standar kelayakan yakni -28 dBm.
Rise time budget NRZ dengan batas 70% tercapai dengan 0,2260 ns pada hasil dowsntream dan 0,2326 ns pada hasil upstream. Bit Error Rate (BER) 4,10193 x 10?38 untuk jarak terjauh memenuhi batas maksimum 10?9. Pada kesimupulannya, perancangan jaringan FTTH layak berdasarkan power link budget, rise time budget dan BER.
 
 

Subjek

FIBER OPTIC
 

Katalog

ANALISIS DAN OPTIMASI JARINGAN TELEKOMUNIKASI FIBER TO THE HOME (FTTH) MENGGUNAKAN METODE POWER LINK BUDGET DI PERUMAHAN CENTRAL PARK KOTA SURABAYA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TASYA AMALIA
Perorangan
Walid Maulana Hadiansyah, Hamzah Ulinuha Mustakim
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi - Kampus Surabaya
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TEC4014 - TUGAS AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini