PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN & PELAKSANAAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Publik Non-Keuangan Yang Terdaftar Dalam Indeks SRI-KEHATI Periode 2016 – 2023) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

CUT RIZKIYA SYAHPUTRI

Informasi Dasar

23 kali
24.04.1483
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan merupakan suatu informasi mengenai pengelolaan keuangan perusahaan dan harus disusun sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Dengan tujuan dapat membantu sebagian besar pengguna laporan keuangan membuat keputusan yang tepat. Kualitas informasi yang diungkapkan dalam laporan keuangan harus akurat, dapat dibandingkan, dapat diverifikasi, tepat waktu dan dapat dipahami. Oleh karena itu, informasi yang diberikan kepada pemegang saham harus transparan dan meminimalisir kesalahan supaya meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel leverage, ukuran perusahaan, pelaksanaan komite audit terhadap kualitas laporan keuangan menggunakan indikator dicretionarry accruals pada perusahaan publik non-keuangan yang terdaftar dalam Indeks SRI KEHATI periode 2016 hingga 2023. Variabel pelaksanaan komite audit diukur menggunakan jumlah anggota komite audit, jumlah rapat komite audit dan jumlah ahli keuangan dan latar-belakang akuntans pada komite audit.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana metode ini menjawab hipotesis penelitian dengan metode statistik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel menggunakan software Eviews 12. Pemilihan sampel yang digunakan yakni purposive sampling dimana menghasilkan sembilan sampel penelitian selama periode delapan tahun. Model yang terpilih pada penelitian adalah random effect.

Hasil pada penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel leverage, ukuran perusahaan, pelaksanaan komite audit berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan. Secara parsial, variabel jumlah rapat komite audit dan jumlah ahli keuangan di komite audit berpengaruh signfikan dengan arah negatif sedangkan leverage, ukuran perusahaan dan jumlah anggota komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada perusahaan publik non-keuangan yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI periode 2016 hingga 2023.
 

Kata Kunci:  Leverage, Ukuran Perusahaan, Pelaksanaan Komite Audit, Kualitas Laporan Keuangan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN & PELAKSANAAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Publik Non-Keuangan Yang Terdaftar Dalam Indeks SRI-KEHATI Periode 2016 – 2023) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CUT RIZKIYA SYAHPUTRI
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Rr. Sri Saraswati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SA411043 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini