PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI BASIS DATA APLIKASI SISTEM ADMINISTRASI BIDAN UNTUK WILAYAH KABUPATEN CIREBON - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD ARIA NELWANSYAH PUTRA

Informasi Dasar

24.04.968
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi dan komunikasi berkembang cepat di berbagai bidang seperti data, informasi, periklanan, media, dan medis, salah satunya adalah pada bidang kesehatan dalam puskesmas yang butuh kemajuan teknologi untuk peningkatan kualitas pelayanan teknologi, informasi, dan komunikasi. Namun saat ini sistem administrasi masih menggunakan cara manual yang kurang efektif dan efisien, menyulitkan bidan yang tinggal di daerah pedesaan karna harus menempuh jarak yang jauh untuk melakukan administrasi ke Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Cirebon.

Salah satu metode atau solusi yang diterapkan yaitu menggunakan penerapan database dari sebuah website dan aplikasi Administrasi bidan dengan fitur-fitur berupa, Monitoing Pelayanan, Evaluasi Kinerja, Penempatan Bidan, penempatan lokasi puskesmas, dan pengaksesan berita-berita terkait kebidanan di Indonesia. Dalam hal ini penggunaan MySQL sebagai database yang berbasis SQL menjadi salah satu pilihan untuk perancangan aplikasi bidan ini. Pemakaian MySQL yang bertindak sebagai tempat menyimpan data dari proses sistem yang dijalankan oleh backend dapat menjadi sebagai ‘tulang punggung” agar segala data yang diakses dapat tersimpan dan berjalan dengan baik.

Hasil implementasi pengujian database dalam aplikasi ini dengan menggunakan integritas data, yaitu pengujian duplikat primary key, foreign dan unique key, dan referensial berjalan dengan baik, atau terpenuhi, yang artinya setiap data yang masuk sudah masuk sesuai inputnya.

Kata Kunci: sistem administrasi, bidan, database

Subjek

DATABASE APPLICATIONS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI BASIS DATA APLIKASI SISTEM ADMINISTRASI BIDAN UNTUK WILAYAH KABUPATEN CIREBON - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ARIA NELWANSYAH PUTRA
Perorangan
Roswan Latuconsina, Ashri Dinimaharawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TKI3G3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • TKI2C2 - DESAIN BASIS DATA
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini