PERANCANGAN DASHBOARD VISUALISASI PARIWISATA MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPOMENT PADA KABUPATEN BANYUWANGI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD RAIHAN HAFIZH

Informasi Dasar

24.04.915
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor andalan Indonesia dalam perolehan devisa negara. Pariwisata menciptakan peluang pertumbuhan ekonomi dengan daya tarik destinasi sebagai faktor utama yang menarik wisatawan. pengelolaan dan pengembangan tempat wisata menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Dalam hal ini Kabupaten Banyuwangi mengalami kendala ketika pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan tempat wisata yang belum optimal. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dashboard visualisasi ulasan pengunjung tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi.

 

Data yang digunakan pada tugas akhir ini adalah data ulasan pada website Tripadvisor. Pada data ulasan dilakukan proses labelling data, pengkategorian aspek dan preprocessing text. Perancangan dashboard visualisasi dilakukan untuk mengetahui kinerja dari tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi. Perancangan dashboard visualisasi dibuat dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Stakeholder dapat terlibat dalam proses perancangan sistem. Setelah pengembangan, dilakukan verifikasi dengan metode white box testing dan black box testing, dan validasi menggunakan User Acceptance Test (UAT).

 

Hasil dari tugas akhir ini adalah dashboard visualisasi ulasan pengunjung tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi. Sistem ini dapat membantu dalam mengetahui kinerja tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi, dan mengetahui mengenai kendala yang terjadi pada tempat wisata.

 

Hasil dari dashboard nantinya akan digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mempermudah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan wisata dan memudahkan pengambilan keputusan mengenai langkah dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi.

Subjek

Information system web
 

Katalog

PERANCANGAN DASHBOARD VISUALISASI PARIWISATA MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPOMENT PADA KABUPATEN BANYUWANGI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
INDONSEIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RAIHAN HAFIZH
Perorangan
Augustina Asih Rumanti, Nurdinintya Athari Supratman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IEI3M3 - ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN BASIS DATA
  • IEI4G3 - DATA MINING DAN BUSINESS INTELLIGENCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini