SISTEM PEMANTAUAN KUALITAS AIR TAMBAK UDANG VANAME BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN WIRELESS SENSOR NETWORK - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIZKY ARDIANTO

Informasi Dasar

24.04.584
004.695
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Air merupakan lingkungan budaya dan tempat organisme akuatik hidup, yang menghadirkan berbagai tantangan dalam proses pengembangbiakannya. Salah satunya adalah terbatasnya presepsi mengenai dampak negatif dari makanan yang tidak segera dikonsumsi yaitu kehilangan nilai gizinya. Pada ekosistem air terdapat banyak flora dan fauna didalamnya, salah satu faunanya yaitu udang. Udang merupakan hewan yang berhabitat di ekosistem air, terutama di sungai, laut, dan danau. Udang bisa ditemui di sebagian besar perairan yang luas, termasuk perairan tawar. Dari beberapa spesies udang, ada satu spesies yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat yaitu udang vaname.

 Udang vaname adalah alternatif hewan yang dibudidayakan selain udang windu.   Beberapa keunggulan dari udang vaname yaitu tahan lama terhadap penyakit, kualitas lingkungan rendah, serta masa pemeliharaan yang pendek sekitar 90-100 hari. Untuk menghasilkan komoditas wireless yang unggul, maka proses pemeliharaan udang vaname harus memperhatikan aspek internal yang meliputi asal dan kualitas benih, serta aspek eksternal lainnya. Kondisi air di tambak adalah faktor yang sangat perlu diperhatikan dengan serius dalam budidaya udang vaname. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah inovasi alat yang dapat membantu pembudidaya udang vaname untuk memantau kualitas air sehingga hal tersebut dapat mengurangi gagal panen dalam pembudidayaannya.

Dengan menggunakan decision matrix scorring terpilihlah solusi yang ketiga yaitu memiliki komunikasi LoRa yang mana memiliki jangkauan sejauh kurang dari 1000 meter, memiliki desain alat yang ringkas, dan portabel yang dapat memudahkan pembudidaya dalam penggunaanya. Alat ini mampu memantau beberapa parameter kualitas air tambak, termasuk suhu, kekeruhan, dan tingkat keasaman. Berfokus pada pemantauan tambak udang, alat ini memanfaatkan jaringan sensor nirkabel yang mengirimkan data variabel yang terpantau melalui sinyal radio. Pembudidaya dapat dengan mudah memantau kualitas air melalui aplikasi smartphone.

 

Kata kunci : Internet of Things, udang vaname, smartphone

Subjek

WIRELESS SENSOR NETWORK
 

Katalog

SISTEM PEMANTAUAN KUALITAS AIR TAMBAK UDANG VANAME BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN WIRELESS SENSOR NETWORK - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
INDONSEIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY ARDIANTO
Perorangan
Muhammad Zakiyullah Romdlony, Istiqomah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini