ANALISIS RASIO KECUKUPAN MODAL, KREDIT BERMASALAH DAN EFISIENSI OPERASIONAL SERTA DAMPAK FAKTOR EKSTERNAL BAGI KINERJA KEUANGAN BANK MILIK PEMERINTAH PERIODE 2003-2022 - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NUR AINI RAHMA R

Informasi Dasar

24.04.408
332.106 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja keuangan menjadi patokan dalam menilai bagaimana kondisi keuangan bank. Kinerja keuangan dinilai dari beberapa aspek terutama dari rasio keuangan yang dihasilkan selama satu periode dan juga beberapa faktor eksternal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio CAR, NPL, BOPO, dan faktor eksternal terhadap kinerja keuangan yang dicerminkan dalam ROE pada Bank Pemerintah periode 2003-2022. Pemilihan sampel didasarkan pada metode purposive sampling. Sampel yang didapatkan yaitu 80 sampel data terdiri dari data 4 Bank milik Pemerintah dengan laporan tahunan 20 tahun. Teknik analisis data pada penelitian meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel CAR, NPL, BOPO dan faktor eksternal secara simultan berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Secara parsial, variabel CAR dan Krisis Global 2008 tidak berpengaruh secara terhadap kinerja keuangan. Sedangkan secara parsial variabel NPL, BOPO dan Nilai Tukar berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal tersebut membuktikan bahwa ketika rasio NPL dan BOPO mengalami penurunan maka kinerja keuangan perbankan akan meningkat. Selain itu, ketika nilai tukar menguat atau nilai dolar terhadap rupiah menurun maka kinerja keuangan perbankan meningkat.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan (ROE), Kecukupan Modal (CAR), Kredit Bermasalah (NPL), Efisiensi Operasional (BOPO), Faktor Eksternal (Nilai Tukar dan Krisis Global 2008)

Subjek

BANK MANAGEMENT
PERBANKAN,

Katalog

ANALISIS RASIO KECUKUPAN MODAL, KREDIT BERMASALAH DAN EFISIENSI OPERASIONAL SERTA DAMPAK FAKTOR EKSTERNAL BAGI KINERJA KEUANGAN BANK MILIK PEMERINTAH PERIODE 2003-2022 - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR AINI RAHMA R
Perorangan
Agus Maolana Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI442 - PROPOSAL TUGAS AKHIR
  • KBI452 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini